PENGARUH PUNGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 16 MAKASSAR

Astiani, Astiani (2019) PENGARUH PUNGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 16 MAKASSAR. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (i) ada atau tidaknya perbedaan motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan laboratorium virtual dan yang diajar menggunakan metode konvensional (ii) ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan laboratorium virtual dan yang diajar secara konvensional pada peserta didik kelas XI MIA SMAN 16 Makassar. penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan static group comparison design. Desain kelompok statis adalah jenis eksperimen dimana rancangan ini terdiri dari dua kelompok perlakuan diberikan sebuah tes akhir (posttes), namun tidak memberikan sebuah pretest dan subjek tidak ditugaskan secara acak ke kelompok perlakuan. Penelitian ini menggunakan dua kelompok penelitian yaitu kelompok kelas ekperimen yang diberikan treatment dengan menggunakan media laboratorium virtual dan kelompok kelas kontrol di beri posttest saja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat: (i) Terdapat perbedaan motivasi belajar fisika yang signifikan antara yang diajar dengan laboratorium virtual dan yang diajar secara konvensional pada peserta didik SMAN 16 Makassar (ii) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara yang diajar dengan laboratorium virtual dan yang diajar secara konvensional pada peserta didik SMAN 16 Makassar. Kata Kunci: Laboratorium virtual, Motivasi belajar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Apr 2019 06:05
Last Modified: 12 Apr 2019 06:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13028

Actions (login required)

View Item View Item