PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN, GAYA BERPIKIR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PINRANG

RAMLAWATI, RAMLAWATI (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN, GAYA BERPIKIR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PINRANG. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (194kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model PBM dan PJBL; (2). Perbedaan antara siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial dan acak terhadap hasil belajar; (3). Perbedaan antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah terhadap hasil belajar; (4). Pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar; (5). Pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar; (6). Pengaruh interaksi antara gaya berpikir dan kreativitas terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Pinrang. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dengan variabel dependent yaitu kelas VIII3 yang diajar dengan menggunakan model problem based learning (PBL) dan kelas VIII1 dengan model project based learning (PjBL), gaya berpikir terdiri dari gaya berpikir sekuensial dan acak serta kreativitas terdiri dari kreativitas tinggi dan rendah. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Tidak ada perbedaan penggunaan model PBL dan model PjBL terhadap hasil belajar siswa; (2). Ada pengaruh antara siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial dan acak terhadap hasil belajar; (3). Ada pengaruh antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah terhadap hasil belajar; (4). Tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan gaya berpikir terhadap hasil belajar; (5). Tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar; (6). Ada pengaruh interakasi antara gaya berpikir dengan kreativitas terhadap hasil belajar. Kata Kunci : Model pembelajaran, gaya berpikir, kreativitas, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2019 06:04
Last Modified: 10 Apr 2019 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12988

Actions (login required)

View Item View Item