Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa SMA Negeri 3 Bulukumba

NURYANTI, NURYANTI (2014) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa SMA Negeri 3 Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NURYANTI. 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa SMA Negeri 3 Bulukumba. Dibimbing oleh Prof. Dr. Andi Ihsan, M.Kes dan Dr. Syahruddin, M.Kes Belajar di sekolah merupakan suatu proses yang bersifat kompleks dan menyeluruh . banyak orang yang berpendapat bahwa untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal, seseorang harus memiliki kecerdasan intelektual (IQ) yang tinggi. Tanpa mengabaikan faktor yang lain, selain IQ ada faktor lain yang juga berperan meningkatkan hasil belajar di antaranya kecerdasan emosional dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa SMA Negeri 3 Bulukumba; (2) apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa SMA Negeri 3 Bulukumba (3) apakah ada pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama sama terhadap hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa SMA Negeri 3 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Bulukumba kelas XI. Sedangkan sampel yang digunakan sejumlah 158 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah kuesioner dalam bentuk skala likert untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar sedangkan hasil belajar diambil dari nilai rapor. Teknik analisis data dalam penelitian ini sesuai dengan analisis, kuantitatif yaitu dilakukan analisis regresi untuk melihat kebermaknaan dari hasil analisis dan hipotesis, untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel penelitian yang diajukan melalui program SPSS 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa SMA Negeri 3 Bulukumba sebesar 58,4% (2). ada pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa SMA Negeri 3 Bulukumba sebesar 50% (3) ada pengaruh signifikan kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama sama terhadap hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa SMA Negeri 3 Bulukumba sebesar 63,4%

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2019 05:34
Last Modified: 10 Apr 2019 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12985

Actions (login required)

View Item View Item