PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIPADUKAN JURNAL BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

Fajriati, Ivah S. and Mustami, Muh. Khalifah and Azis, Asmawati (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIPADUKAN JURNAL BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Problem Based Learning merupakan pembelajaran berbasis masalah dimana siswa dihadapkan pada masalah nyata kemudian siswa mengobservasi masalah, mengembangkan, dan mengevaluasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dipadukan jurnal belajar terhadap kemampuan metakognisi peserta didik pada materi sistem peredaran darah (ii) mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dipadukan jurnal belajar terhadap hasil belajar biologi peserta didik pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIPA MA Negeri 3 Makassar yang terdiri dari 5 rombongan belajar. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 yang berjumlah 60 orang yang dipilih menggunakan teknik Random Sampling, dengan teknik pengumpulan data melalui angket kemampuan metakognisi, dan tes hasil belajar kognitif. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif, dan analisis data inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) model pembelajaran Problem Based Learning dipadukan jurnal belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan metakognisi dengan nilai signifikan 0.000 dan berada pada kategori cukup dengan persentase 63,33 dan 76,67 (ii) model pembelajaran Problem Based Learning dipadukan jurnal belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi dengan nilai signifikan 0.018 dan berada pada kategori sangat baik dengan persentase 53,33 . Kata Kunci: Problem Based Learning, Jurnal Belajar, Kemampuan Metakognisi, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2019 05:16
Last Modified: 10 Apr 2019 05:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12982

Actions (login required)

View Item View Item