Tata kelola Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada SMK Negeri 4 Makassar

Yahya, Dasriah M. (2013) Tata kelola Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada SMK Negeri 4 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK DASRIAH M.YAHYA. 2013 Tata kelola Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada SMK Negeri 4 Makassar (dibimbing oleh Husain Syam dan Marsus Suti). Pembelajaran berbasis TIK bagi RSBI merupakan suatu keharusan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 78 tahun 2010 tentang penyelenggaraan RSBI. Salah satu RSBI di kota Makassar adalah SMK Negeri 4 Makassar, bahwa pembelajaran berbasis TIK belum maksimal. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui (1) gambaran tata kelola pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, (2) peran guru dalam pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, (3) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada SMK Negeri 4 Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif. Nara sumber penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dimaksudkan untuk mengetahui kebijakan pembelajaran bebasis TIK, tata kelola pembelajaran berbasis TIK, peran guru dalam pembelajaran berbasis TIK, Faktor-Faktor pendukung dan pemhambat dalam pembelajaran berbasis TIK. Observasi dilakukan untuk mengamati kemampuan guru dalam menggunakan TIK dan ketersediaan fasilitas serta proses pembelajaran. Dokumentasi dilakukan terhadap dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pembelajaran berbasis TIK. Fokus yang dikaji adalah Tata Kelola Pembelajaran berbasis TIK. Analisis data dilakukan dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, pemyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata kelola pembelajaran berbasis TIK Pada SMK Negeri 4 Makassar, guru telah mendesain pembelajaran berbasis TIK, namun dalam implementasi tidak semua guru melaksanakan pembelajaran berbasis TIK. Peran guru dalam pembelajaran berbasis TIK adalah peran sebagai fasilitator dan sebagai motivator. faktor pendukung dalam pembelajaran berbasis TIK: fasilitas TIK tersedia sesuai kebutuhan, adanya pelatihan bagi guru tentang TIK. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kemampuan guru masih kurang, fasilitas internet belum berimbang serta prakondisi yang belum terpenuhi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:18
Last Modified: 10 Apr 2019 02:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12963

Actions (login required)

View Item View Item