PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERSUMBER DARI ALAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (STUDI PADA TK NEGERI 1 PUSAT PAUD AL HIDAYAH DESA TUPABBIRING KECAMATAN BONTOA KABUPATEN MAROS)

Fatmawati, Syarifa (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERSUMBER DARI ALAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (STUDI PADA TK NEGERI 1 PUSAT PAUD AL HIDAYAH DESA TUPABBIRING KECAMATAN BONTOA KABUPATEN MAROS). S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Artikel Syarifa Fatmawati.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Abstrak – Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research and Development atau R & D) dengan model ADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation,Evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran pembelajaran inklusif pada anak usia dini yang saat ini terlaksana di Taman Kanak-kanak sebagai kebutuhan pengembangan, (2) mengetahui gambaran hipotetik perangkat pembelajaran inklusif pada anak usia dini, dan (3) mengetahui gambaran operasional perangkat pembelajaran inklusif sebagai perangkat yang terkembangkan. Hasil analisis penelitian menunjukkan (1) Pembelajaran inklusif pada anak usia dini di lapangan belum memiliki perangkat pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang digunakan masih bersifat umum untuk semua jenis ABK. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan perangkat pembelajaran inklusif pada anak usia dini yang dapat menunjang proses belajar mengajar di dalam kelas. (2) Gambaran hipotetik perangkat pembelajaran inklusif pada anak usia dini pada penelitian ini berupa buku panduan, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), dan Rencana Kegiatan Harian (RKH). (3) Gambaran gambaran operasional perangkat pembelajaran inklusif sebagai perangkat yang terkembangkan dilakukan dengan validasi isi dan validasi empirik. Hasil validasi isi berupa Buku Pedoman, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), Lembar Pengamatan Anak (LPA), Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran (LPPP), Lembar Pengamatan Kegiatan Guru (LPKG), dan Lembar Angket Respon Guru (ARG) semuanya memenuhi kriteria kevalidan dan reabilitas. Hasil validasi empirik berupa Analisis Kepraktisan menunjukkan bahwa hasil pengamatan terhadap kegiatan guru dalam pengelolaan pembelajaran dan kegiatan guru menggunakan perangkat pembelajaran berada dalam kriteria baik jika dikonfirmasi dengan kriteria TKG. Sedangkan Analisis Keefektifan menunjukkan bahwa respon guru terhadap pengembangan perangkat pembelajaran inklusif memberika respon yang sangat postif dan persentase lembar pengamatan anak selama perangkat pembelajaran inklusif diterapkan menunjukkan hasil yang baik. Kata kunci:Anak Usia Dini, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inklusif Abstract – This research includesdevelopmentresearch(research and development orR&D) model ofADDIEwhichconsistsoffivephases:1.Analysis, 2.Design, 3.Development, 4.Implementation,and5.Evaluation. This study aims to (1) find a picture of learning in early childhood special needs that are currently implemented in kindergarten in the city of Makassar as development needs, (2) find a picture of the hypothetical model inclusive learning at this age children with special needs, and (3) determine the model terkembangkan (operational model) in inclusive learning at an early age children with special needs. The results of analysis showed that (1) inclusive learning in early childhood in the field do not have the appropriate learning. The learning model used is still common to all types of crew. Therefore, the development of inclusive learning needs in early childhood that can support the teaching and learning process in the classroom. (2) The description of a hypothetical device inclusive learning in early childhood in this study a guidebook, Weekly Activity Plan (RKM), and Daily Activity Plan (RKH). (3) A description of operational overview inclusive learning device as a device that terkembangkan do with the content validation and empirical validation. The results validate the contents of the form Handbook, Weekly Activity Plan (RKM), Daily Activity Plan (RKH), Child Observation Sheet (LPA), Learning Management Observation Sheet (LPPP), Activity Teacher Observation Sheet (LPKG), and Sheet Teacher Questionnaire Response (ARG) all meet the criteria of validity and reliability. The results of the empirical validation form Practicality analysis showed that the observation of teachers in the management of learning activities and activities teachers use learning tools are in good criteria if confirmed by TKG criteria. While the effectiveness analysis showed that the response of teachers to the development of inclusive learning device gives a very positive response and the percentage of children during the observation sheet inclusive learning applied showed good results. Key words: Early Childhood, Development Of Inclusive Learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Apr 2019 01:43
Last Modified: 10 Apr 2019 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12959

Actions (login required)

View Item View Item