Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep

Juharti, Juharti and Saleh, Sirajuddin and Niswaty, Risma (2019) Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL .pdf

Download (498kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menjelaskan, motivasi belajar siswa dan pengaruh keterampilan menjelaskan terhadap motivasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep.Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, serta dokumentasi dengan jumlah populasi sebanyak 168 orang dan sampel sebanyak 84 orang.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan persentase dan untuk teknik analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas data, analisis korelasi product moment, dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menjelaskan dalam kategori sangat baik, hal ini ditinjau dari indikator: 1) penjelasan, 2) penggunaan conto/ilustrasi, 3) pemberian tekanan, 4) penggunaan balikan, 5) keterkaitan dengan tujuan, 6) relevan, 7) kebermaknaan, dan 8) dinamis. Untuk motivasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administr asi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep dalam kategori sangat tinggi, ditinjau dari indikator: 1) faktor internal yaitu fisiologis dan psikologis, dan 2) faktor eksternal yaitu faktor lingkungan sosial dan faktor lingkungan non sosial. Berdasarkan analisis uji korelasi product momentdinyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan keterampilan menjelaskan terhadap motivasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep, sebesar 20,20 persen dinyatakan diterima dengan tingkat pengaruh sedang. Dari hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan menjelaskan terhadap motivasi belajar siswa kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Apr 2019 06:57
Last Modified: 09 Apr 2019 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12946

Actions (login required)

View Item View Item