Suriyanti, Suriyanti (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Realistik Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Prisma dan Limas Pada Peserta Didik Kelas VIII2 MTs DDI Kaballangan Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.
|
Text
BAB.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Suriyanti, 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Realistik Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Prisma dan Limas Pada Peserta Didik Kelas VIII2 MTs DDI Kaballangan Pinrang. (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Suradi Tahmir). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan ujicoba terbatas yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistik pada pokok bahasan prisma dan limas yang meliputi Buku Peserta Didik, Lembar Kerja Peserta Didik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII2 MTs DDI Kaballangan Pinrang dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 orang laki-laki. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan atau model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang meliputi empat tahap, yaitu tahap pembatasan, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Perangkat pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistik yang telah dikembangkan dinyatakan valid oleh 2 orang validator setelah melalui revisi. Hasil dari uji coba terbatas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif dengan pendekatan realistik bersifat efektif dan praktis, yaitu (1) skor rata-rata yang diperoleh peserta didik pada tes hasil belajar adalah 84,61 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 8,61, dimana 33 peserta didik atau 100% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai; (2) dengan menggunakan perangkat pembelajaran kooperatif pendekatan realistik, aktivitas siswa dalam pembelajaran menciptakan aktivitas berinteraksi dan semua aspek yang diamati berada dalam batas toleransi; (3) pada umumnya peserta didik memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan; (4) guru dapat membimbing kelompok bekerja dan belajar, sehingga keterlaksanaan perangkat pembelajaran secara umum terlaksana seluruhnya; dan (5) respon guru terhadap perangkat pembelajaran positif; dan (6) perangkat pembelajaran kooperatif ini memenuhi kriteria kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Kata Kunci: Pengembangan Perangkat, Kooperatif, Pendekatan Realistik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Biologi |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 01:28 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 01:28 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12914 |
Actions (login required)
View Item |