Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menulis Wacana Argumentasi Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Rantepao Toraja Utara Tahun Ajaran 2013/2014

RAMBA, SUMARLINA (2015) Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menulis Wacana Argumentasi Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Rantepao Toraja Utara Tahun Ajaran 2013/2014. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SUMARLINA RAMBA’.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK SUMARLINA RAMBA’. Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Menulis Wacana Argumentasi Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Rantepao Toraja Utara Tahun Ajaran 2013/2014. (dibimbing oleh Syahrul dan Patahuddin). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan menulis wacana argumentasi Bahasa Indoensia Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Rantepao Toraja Utara Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhpeserta didik kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Rantepao Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini ialah kelas XI A dan XI B yang diambil dengan teknik random sampling (sampel acak). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan angket gaya belajar dan tes kemampuan menulis wacana argumentasi Bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuntitatif deskriptif berupa analisis tendensi sentral dan kuantitatif inferensial dengan analisis varians. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis wacana argumentasi Bahasa Indonesia antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan yang diajar dengan model langsung.Terdapat perbedaan kemampuan menulis wacana argumentasi Bahasa Indonesia antara peserta didik yang memiliki gaya belajar auditori, kinestetik, dan visual. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan menulis wacana argumentasi Bahasa Indonesia antara peserta didik. ABSTRACT SUMARLINA RAMBA’. 2014. The Influence of Learning Model and Learning Style towards Argumentative Writing Skill of Bahasa Indonesia of Grade XI Students at SMKN 1 Rantepao in Toraja Utara of Academic year 2013/2014 (supervised by Syahrul and Patahuddin). The study aims at describing the influence of learning model and learning style towards argumentative writing skill of Bahasa Indonesia of grade XI studens at SMKN 1 Rantepao in Toraja utara of academic year 2013/2014. The study is a quantitative with an experiment type with factorial 2x3 design. The population of the study was the entire studens of grade XI majoring in Office Administration at SMKN 1 Rantepao of academic year 2013/2014. The sample of the study was grade XIA and XIB taken by employing random sampling technique. Data were collected using questionnaire of learning style and test of argumentative writing skill of Bahasa Indonesia. Data were analyzed by employing quantitative descriptive with analysis of central tendency and quantitative inferential with variant analysis. The results of the reveal that there are differences of argumentative writing skill of Bahasa Indonesia between students who were taught by using problembased learning model and conventional model; the are differences of argumentative writing skill of Bahasa Indonesia of students who have auditory, kinesthetic, and visual learning styles; and there is no interaction between learning model and learning style toward argumentative writing skill of Bahasa Indonesia between the students.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Nov 2016 06:27
Last Modified: 06 Mar 2018 05:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1288

Actions (login required)

View Item View Item