PENGARUH KONDISI SISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Alhieza, Nur (2019) PENGARUH KONDISI SISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 11 MAKASSAR. Diploma thesis, Ekonomi.

[img]
Preview
Text
JURNAL_NUR ALHIEZA.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi siswa dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IIS di SMA Negeri 11 Makassar. Populasinya seluruh siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 11 Makassar yang terdiri dari 118 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 54 siswa yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi siswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan tingkat signifikan <0,05 dan lingkungan belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan tingkat signifikan <0,05. Kondisi siswa dan lingkungan belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan tingkat signifikan <0,05. Selain itu, koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,550 (55%). Hal ini berarti bahwa pengaruh kondisi siswa dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar adalah sebesar 55% sedangkan sisanya 45% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Serta kondisi siswa dominan berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan koefisien determinasi 0,442 atau 44,2%. Kata kunci: Kondisi Siswa, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar. ABSTRACT This study aimed at indicating the influence of students’ condition and learning environment toward students’ learning motivation in accounting subject class XI IIS at SMA Negeri 11 Makassar. The population was entire students of XI IIS class at SMA Negeri 11 Makassar that consisted of 118 students. Sampling technique used proportionate random sampling technique with 54 students as the sample taken randomly. Techniques of data collection used were questionnaire and documentation. Techniques of data analysis used were percentage descriptive analysis, instrument test, classic assumption test and hypothesis test. The results show that students’ condition partially have significant influence on students’ motivation with significant level of <0.05 and learning environment partially have significant influence on learning motivation with significant level of <0.05. Students’ condition and learning environment simultaneously have significant influence on learning motivation with significant level of <0.05. Besides that, determination coefficient (R2) is 0.550 (55%). This means that the effect of students’ condition and learning environment on learning motivation are 55% while the rest 45% that influenced by other factors not examined. The dominant of students’ condition affect students’ learning motivation with determination coefficient 0.442 or 44.2%. Keywords: Students’ Condition, Learning Environment, Learning Motivation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 01:46
Last Modified: 05 Apr 2019 01:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12876

Actions (login required)

View Item View Item