PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 4 BANTAENG

HAFRAH, ANDI FITRIANI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 4 BANTAENG. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design dan rancangan faktorial 2×2. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dan yang diajar menggunakan model pembelajaran Inquiry; (2) Untuk peserta didik yang memiliki gaya belajar audio, menganalisis perbedaaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran discavery Learning dan yang diajar dengan model pembelajaran Inquiry; (3) Untuk peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik, menganalisis perbedaaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran discavery Learning dan yang diajar dengan model pembelajaran Inquiry.; (4) interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis pesertba didik yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dengan yang diajar dengan model Pembelajaran Inquiry sebagai pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan model Pembelajaran Discovery Learning dan yang diajar dengan model pembelajaran Inqury sebgai pembelajan konvensional pada kelompok peserta didik yang memiliki gaya belajar audio; 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan model Pembelajaran Discovery Learning dan yang diajar dengan model pembelajaran Inqury sebgai pembelajan konvensional pada kelompok peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik. 4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: model pembelajaran, gaya belajar, kemampuan berpikir kritis fisika,eksperimen semu, dan faktorial ABSTRACT The study was quasi-experiment using non-equivalent control group design with factorial 2x2. The study aims at analiyzing (1) the difference of critical thinking skills between students who were taught using discovery learning model and the ones using inquiry learning model, (2) the difference of critical thinking skills between the students who were taught by using discovery learning and ones using inquiry learning for students who have audio learning style, (3) the difference of critical thinking skolls between the students who were taught by using discovery learning and the ones using inquiry learning for students who have kinesthetic learning style, and (4) interaction between the utilization of learning model and learning style on critical thinking skills. The results of the study reveal that (1) there is significant difference of critical thinking skills between students who were taught using discovery learning model and the ones using inquiry learning model as cnventional learning, (2) there is significant difference of critical thinking skills between the students who were taught by using discovery learning and the ones using inquiry learning as conventional learning for students who have audio learning style, (3) there is significant difference of critical thinking skills between the student who were taught by using discovery learning and the ones using inquiry learning as conventional learning for students who have kinesthetic learning style, and (4) there is no interaction between the utilization of learning model and learning style on critical thinking skills. Keywords: learning model, learning style, critical thinking skills in physics, quasi experiment,factorial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Apr 2019 00:38
Last Modified: 05 Apr 2019 00:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12857

Actions (login required)

View Item View Item