PENGELOLAAN PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SMA NEGERI 3 BANTAENG

SUDIRMAN, SUDIRMAN (2019) PENGELOLAAN PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SMA NEGERI 3 BANTAENG. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

PENGELOLAAN PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SMA NEGERI 3 BANTAENG Abstrak; penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji Pengelolaan bantuan operasional sekolah di SMA Negeri 3 Bantaeng yang meliputi: perencanaan, pemanfaatan, pengawasan, faktor pendukung dan faktor penghambat pengelolaan bantuan operasional sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan yang menjadi informan adalah kepala sekolah, bendahara dana BOS, guru, komite sekolah dan orang tua siswa. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriftif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Perencanaan Program BOS di SMA Negeri 3 Banataeng meliputi; melakukan inventarisasi rencana yang akan dilaksanakan, menyusun rencana berdasarkan skala prioritas, menentukan program kerja dan rincian program, menetapkan kebutuhan untuk pelaksanaan rincian program, menghitung rasional anggaran setiap program kerja, mengalokasikan dana BOS setiap program kegiatan berdasarkan juknis. 2) Pemanfaatan Program BOS di SMA Negeri 3 Bantaeng mencakup; pengembangan perpustakaan, penerimaan peserta didik baru, kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler, kegiatan evaluasi pembelajaran, pengelolaan sekolah, pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan, serta pengembangan manajemen sekolah. langganan daya dan jasa, pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana sekolah, pembayaran honor, pembelian alat multimedia pembelajaran. 3) Pengawasan Program BOS di SMA Negeri 3 Bantaeng meliputi; Siapa yang mengawasi dana BOS, Waktu pelaksanaan pengawasan BOS dan berapa kali pengawasan BOS, Pengawasan dari Dinas pendidikan Cabang atau Provinsi, Pengawasan dari masyarakat, Hasil pengawasan terkait pemanfaatan dana BOS, Pengaduan masyarakat terkait pemanfaatan program BOS. 4) Faktor pendukung pengelolaan program BOS antara lain; Dukungan Pemerintah dengan memberikan petunjuk teknis pengelolaan dana BOS dan sosialisasi tentang tatacara pengelolaan dana bantuan operasional sekolah dari Dinas Pendidikan, terjalinnya bentuk kerja sama yang baikdari pihak pengelolah dana BOS, Komite Sekolah dan para Guru, Pemerintah (Dinas Pendidikan), motivasi yang tinggi dan kinerja yang maksimal untuk mengembangkan kualitas pendidikan, dukungan dari para guru baik dengan sumbangan pemikiran maupun dengan dukungan tenaga. Sedangkan faktor penghambat meliputi; waktu pencairan dana sering mengalami keterlambatan, Anggaran yang diperoleh tidak sebanding dengan kebutuhan sekolah, sekolah dibatasi dalam melakukan perbaikan berat sehingga sekolah masih mengalami kekurangan ruangan, dan Dana bantuan operasional sekolah belum mampu membiayai seluruh program sekolah secara merata/menyeluruh.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:00
Last Modified: 04 Apr 2019 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12840

Actions (login required)

View Item View Item