Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar

ANDRIANI, ANDI ARIE (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ANDI ARIE ANDRIANI. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar (dibimbing oleh Jasruddin dan Muris). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) Seberapa besar kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang di ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada Jurusan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, (2) Seberapa besar kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang di ajar dengan metode pembelajaran konvensional pada Jurusan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, (3) Ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran Fisika melalui model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, dan (4) Ada tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran Fisika melalui model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah penelitan quasi eksperimen dengan control group pretest-postest design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol tetap diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Pemilihan sampel dilakukan dengan penunjukan langsung dengan memilih dua kelas, yaitu kelas B sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning yaitu sebesar 68% dan berada pada kategori baik, yang dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis khususnya peningkatan keterampilan dasar dan strategi dalam menganalisis suatu permasalahan, (2) Kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional yaitu sebesar 56% dan berada pada kategori cukup, yang dapat dilihat dari peningkatan pembelajaran, namun mahasiswa yang diajar dengan metode pembelajaran tersebut belum mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, (3) Ada perbedaan antara kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional, dan (4) Ada peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang di ajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Kata kunci: Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis, metode pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Apr 2019 02:28
Last Modified: 04 Apr 2019 02:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12836

Actions (login required)

View Item View Item