FEBRIANTI, DWI KARTIKA (2016) Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Pelayanan Publik dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Antang. Diploma thesis, FIS.
|
Text
BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK DWI KARTIKA FEBRIANTI. 2016. Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Pelayanan Publik dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Antang. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan prinsip-prinsip pelayanan publik dalam pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kelurahan Antang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan disain penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan prinsip-prinsip pelayanan publik dalam pelayanan administrasi kependudukan berupa pelayanan blanko KTP dan pelayanan pengantar KK di Kantor Kelurahan Antang, berdasarkan kesederhanaan, kejelasan meliputi persyaratan dan biaya pelayanan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, kesopanan, keramahan, serta kenyamanan, sudah terlaksana dengan baik. Namun, dari sepuluh prinsip-prinsip pelayanan publik tersebut yang paling baik adalah kesederhanaan prosedur pelayanan publik. Sedangkan, yang kurang atau rendah adalah kedisiplinan, kesopanan dan keramahan, karena masih ada beberapa aparat yang masih kurang ramah dalam melayani masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL > Ilmu Administrasi Negara |
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 01:45 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 01:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12799 |
Actions (login required)
View Item |