INTEGRASI SERTIFIKASI GURU TERHADAP MANAJEMEN KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR DI KOTA MAKASSAR

Sudirga, Tri (2015) INTEGRASI SERTIFIKASI GURU TERHADAP MANAJEMEN KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR DI KOTA MAKASSAR. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Jurnal Tri Sudirga.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK [ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kinerja guru bersertifikasi dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Dasar di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, sumber data kepala sekolah, guru PJOK bersertifikasi, guru teman sejawat, siswa dan dokumen-dokumen pembelajaran. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi dan dianalisis dengan cara reduction data, data display dan conclution/verification data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru Pendidikan, Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar di Kota Makassar yang meliputi (1) perencaanaan pembelajaran guru Pendidikan, Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar di Kota Makassar sudah terlaksana dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari penyusunan perangkat pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan materi pelajaran, menentukan metode pembelajaran, menentukan media/alat pembelajaran, menyusun perangkat penilaian dan pengalokasian waktu. (2) pelaksanaan pembelajaran guru Pendidikan, Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar di Kota Makassar belum terlaksana maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari cara memulai pembelajaran tidak melakukan apersepsi dengan baik seperti merangsang peserta didik mengingat materi sebelumnya dan tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. kemudian diakhir pembelajaran tidak menyimpulkan pembelajan serta tidak memberikan umpan balik. Tetapi, tahapan pelaksanaan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik antara lain. a) Menyajikan materi, b) Menggunakan metode, c) Menggunakan sumber dan media. (3) Evaluasi Pembelajaran belum terlaksana dengan maksimal, hal ini disebabkan guru Pendidikan, Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar di Kota Makassar tidak menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut. Tetapi, tahapan evaluasi yang sudah terlaksanana dengan baik diantaranya a) memilih bentuk tes, b) memilih teknik dan waktu penilaian, c) merumuskan instrument dan penilaian siswa, d) pengolahan dan pengklasifikasian nilai. Kata Kunci : Manajemen Kinerja Guru bersertifikasi Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan ABSTRACT TRI SUDIRGA. 2015. Integration of Teacher Certification for Performance Management of Sport and Health Education Teacher at Primary School in Makassar (supervised by Suwardi and Syahruddin) The study aimed at examining the management of certified teacher performance in planning the lesson, implementing the lesson plan, and evaluating the learning process of sport and health education at primary school in Makassar. This study is a qualitative descriptive research. The data sources of the study were the headmaster, certified sport and health education teachers, colleagues, students, and lesson documents. The data were collected through interview, observation, and documentation study. Data were then analysed by conducting data reduction, data display, and conclusion data verification. The result of the study revealed that the performance of sport and health education teachers in Makassar which included: (1) the lesson plan of sport and health education teachers in Makassar had been conducted well, proved by the arrangement of learning package, formulation of learning adjective, formulation of subject materials, determining learning method, determining media/ teaching aids, formulation of assessment and time allocation; (2) the implementation of sport and health education lesson had not maximised yet, proved by the way to start the lesson that the teacher did not do apperception well, such as stimulated learners to recall previous material and did not explain the purpose of learning as well as did not summarise the lesson at the end of the lesson, and did not provide any feedback. However, the step of learning performance had been conducted well; (a) presenting the materials, (b) using methods, (c) using sources and media; (3) learning evaluation had not maximised yet because the teachers did not make and follow-up the program. However, the step of testing the students were conducted well; (a) selecting the testing form, (b) deciding technique and time of testing, (c) formulating grade instrument, (d) processing and classifying students’ grade. Keywords: performance of certified sport and health education teachers.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2019 01:38
Last Modified: 02 Apr 2019 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12798

Actions (login required)

View Item View Item