PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 1 MAMUJU

MAKMUR, MAKMUR (2017) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMA NEGERI 1 MAMUJU. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
artikel makmur.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran tentang pelaksanaan supervisi akademik Pengawas Sekolah Pada SMA Negeri 1 Mamuju. Penelitian ini telah dilakukan sejak bulan Februari 2017 – April 2017 berlokasi di SMA Negeri 1 Mamuju. Adapun metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan jenis deskriftif yang menggambarkan pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah di SMA Negeri 1 Mamuju dalam aspek pemantauan, penilaian dan pembimbingan . Prosedur pengumpulan dan perekaman data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan (1) perpanjangan pengamatan, (2) ketekunan pengamatan, (3) triangulasi, (4) kecukupan referensial, dan (5) membercheck. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dalam aspek pemantauan telah dilaksanakan pengawas memiliki jadwal pemantauan, memantau secara langsung proses pembelajaran guru di kelas, mengamati aktivitas belajar peserta didik dan berusaha memberikan motivasi kepada guru dan peserta didik, namun pengawas belum melaksanakan pemantauan pembuatan perangkat pembelajaran guru di awal tahun pelajaran maupun diawal semester karena pengawas menganggap bahwa guru di SMA Negeri 1 Mamuju sudah sering mengikuti kegiatan pelatihan baik tingkat lokal maupun nasional. Kemudian pada aspek penilaian menunjukkan bahwa pengawas memberikan penilaian kepada perencanaan pembelajaran guru secara obyektif, melaksanakan penilaian terhadap pelaksanaan pembelajaran guru di kelas, melaksanakan penilaian terhadap penilaian hasil belajar peserta didik yang dibuat guru, dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian supervisi, dan terakhir pada aspek pembinaan dan pembimbingan guru, menunjukkan bahwa pengawas belum melaksanakan pembinaan dan pembimbingan secara optimal dalam hal perencanaan pembelajaran guru, pemilihan metode/strategi pembelajaran, penggunaan media dan TIK, penyusunan butir soal, pengolahan data hasil penilaian, analisis butir soal dan penelitian tindakan kelas karena pengawas juga beranggapan bahwa guru sudah sering mengikuti pelatihan baik yang diadakan oleh MGMP Kabupaten maupun Provinsi. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Pengawas Sekolah dan Kompetensi Profesional guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Apr 2019 05:58
Last Modified: 01 Apr 2019 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12780

Actions (login required)

View Item View Item