PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON KELAS XI SMAN 1 MAKASSAR

Mardiana, Mardiana (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON KELAS XI SMAN 1 MAKASSAR. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (512kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif; 2) mengetahui hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makassar tahun pelajaran 2018/2019 setelah digunakan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Thiagarajan ( Model 4-D) dan uji coba perangkat pembelajaran yang meliputi: RPP, LKPD, dan THB dilaksanakan pada peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Makassar dengan jumlah 34 orang. Hasil uji coba perangkat dalam penelitian ini menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid, praktis dan efektif digunakan. Kriteria sangat valid diperolah dari nilai rata-rata total keseluruhan aspek dari RPP sebesar 3,86, LKPD sebesar 3,84, dan THB sebesar 3,81. Kriteria praktis diperoleh dari nilai rata-rata total keseluruhan aspek keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 1,68 dengan kategori terlaksana seluruhnya . Kriteria efektif dalam penelitian ini dilihat dari peningkatan pretest-posttest. Hal ini didukung oleh hasil perhitungan N- gain. Kata Kunci : Pengembangan Perangkat, Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar ABSTRACT The study aims at (1) producing learning device which is valid, practical, and effective, (2) discovering the learning of grade XI at SMAN 1 Makassar of academic year 2018/2019 after the guided inquiri based learning device being used. The type of this study was development research which referred to Thiagarajan (4-d Model) and the test of learning device which covered RPP, LKPD and THB which implemented to grade XI IPA 4 students at SMAN 1 Makassar with the total of 34 students. The result of the study reveals that the learning device developed has met the criteria of very valid, practical and effective to be applied. The very valid criteria are obtained from the average of the total aspects from RPP 3,86, LKPD 3,84 to beHasil uji coba perangkat dalam THB 3,81. The practical criterion is obtained from the average of the total aspects of learning device implementation by 1,68 with entirely implemented category. The effective criteria are based on the improvement of pretest and posttest. Is the supported by the result of N-Gain. Kata Kunci : Development of device, guided inquiry model, learning outcomes

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Mar 2019 05:54
Last Modified: 25 Mar 2019 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12698

Actions (login required)

View Item View Item