SURVEI STATUS GIZI TERHADAP HASIL BELAJAR PENJAS SISWA SMP NEGERI 1 MAKASSAR

Aditya, Dwi Isman (2019) SURVEI STATUS GIZI TERHADAP HASIL BELAJAR PENJAS SISWA SMP NEGERI 1 MAKASSAR. Diploma thesis, FIK.

[img]
Preview
Text
Jurnal Survei Status Gizi.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dwi Isman Aditya, 2018. Survei Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa SMP Negeri 1 Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar ( Dibimbing oleh Poppy Elisano Arfanda dan Nurliani). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status gizi dan hasil belajar penjas siswa SMP Negeri 1 Makassar dan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara status gizi terhadap hasil belajar penjas siswa SMP Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Makassar yang memiliki tingkat usia yang sama, yaitu 13-16 tahun dengan jumlah sampel 30 siswa dan pengambilan sampel yaitu menggunakan sampling purpossive atau teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dari hasil penelitian status gizi berkategori sangat kurus 9 siswa (30%), berkategori kurus sebanyak 7 siswa atau 2,34%, berkategori normal sebanyak 13 siswa atau 43,3%, berkategori gemuk (0%) dan berkategori sangat gemuk 1 siswa (3,3%). Secara umum status gisi siswa SMP Negeri 1 Makassar adalah dominan berkategori normal. Sedangkan data hasil belajar penjas siswa SMP Negeri 1 Makassar dalam kategori Sangat Baik (0%), Baik (100%) atau 30 siswa, Cukup (0%) Kurang (0%) dan Sangat kurang (0%). Secara umum hasil belajar penjas siswa SMP Negeri 1 Makassar adalah dominan berkategori baik. Hasil analisis untuk menerima dan menolak Ho dengan bantuan nilai signifikan, jika nilai sig kurang 5% maka Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara satu variabel independen terhadap variabel dependen serta sebaliknya. Dari tabel output anilisis SPSS terlihat nilai sig. =0,000 kurang dari 5% berarti Hipotesis Null (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Jadi, ada kolerasi atau hubungan antara status gizi dan hasil belajar penjas. Dari nilai sig 0,000, maka berdasarkan tabel interpretasi nilai koefisien korelasi terlihat bahwa hubungan status gizi terhadap hasil belajar penjas sangat tinggi. *Kata kunci : Status Gizi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Mar 2019 05:13
Last Modified: 25 Mar 2019 05:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12693

Actions (login required)

View Item View Item