Pengaruh Kompetensi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sengkang Kabupaten

BURHANUDDIN, HAMDANA (2015) Pengaruh Kompetensi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sengkang Kabupaten. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
HAMDANA BURHANUDDIN.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK HAMDANA BURHANUDDIN 2014, Pengaruh Kompetensi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sengkang Kabupaten Wajo.(Dibimbing oleh Rifdan dan Subaryanto) Tujuan penelitian ini diharapkan (1) memberikan gambaran Kompetensi guru Pendidikan Kewarganegaraan pada SMA Negeri 2 Sengkang,(2) gambaran tingkat prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Sengkang dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. (3) seberapa besar pengaruh kompetensi guru Pendidikan Kewarganegaraan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Sengkang. Penelitian ini merupakan metode mix sehingga metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory survey. Pengelolaan data didasarkan pada pendekatan deskriptif analitik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini digunakan analisis regresi dan korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), kajian dokumen, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kompetensi guru Pendidikan Kewarganegaraan pada SMA Negeri 2 Sengkang tergolong kategori baik dengan rata-rata perolehan skor kompetensi 167,00 dengan simpangan baku 18,583, (2) prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa SMA Negeri 2 Sengkang tergolong tinggi dengan mean sebesar 8,11 dan nilai minimum 5,20 serta nilai maksimum 10,00, dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi guru Pendidikan Kewarganegaraan terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa SMA Negeri 2 Sengkang. Kontribusinya mencapai 89,3%. ABSTRACT HAMDANA BURHANUDDIN.2014. The Influence of Teacher Competence of Citizenship Education toward the Improvement of Learning Achievement of Students at SMA Negeri 2 Sengkang in Wajo District (supervised by Rifdan and Subaryanto). The study aims at examining (1) teacher competence of Citizenship Education in SMA Negeri 2 Sengkang, (2) students’ learning achievement on Citizenship Education in SMA Negeri 2 Sengkang, (3) the influence of teacher competence toward students’ learning achievement in SMA Negeri 2 Sengkang. The study is mixed method using explanatory survey method. Management of data was based on descriptive analytic apporoach. Hypothesis test used in the study was regression analysis and correlative analysis. Data were collected using questionnaire,documentation,and observation. The result of the study reveal that (1) teacher competence of Citizenship Education in SMA Negeri 2 Sengkang is in good category with the mean of competence is 167.00 with standard of deviation 18.583, (2) students’ learning achievement in SMA Negeri 2 Sengkang is in high category with the mean 8.11, minimum score 5.20,and maximum score 10.00, and (3) there is positive and significant influence of teacher competence toward students’ learning achievement in SMA Negeri 2 Sengkang with the contribution achieved 89.3 % .

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Nov 2016 05:41
Last Modified: 23 Nov 2016 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item View Item