PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DIDIK KELOMPOK B TK NEGERI PERTIWI BANTAENG

ROSMIATI, ROSMIATI (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DIDIK KELOMPOK B TK NEGERI PERTIWI BANTAENG. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL ROSMIATI.docx

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan metode pembelajaran kolase merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan kemampuan mototik halus anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak didik kelompok B TK Negeri Pertiwi Bantaeng. Jenis penelitian yang diginakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 15 orang anak yang berusia 5-6 tahun dan 1 orang guru. Keterampilan motorik halus yang diteliti meliputi otot-otot jari tidak kaku, otot-otot pergelangan tangan tidak kaku, koordinasi mata dan tangan baik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September tahun pelajaran 2018-2019 di minggu keempat bulan Agustus dan minggu I-III bulan September. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdirir dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan dengan teknik menempel dan menabur. Pada siklus I, rata-rata keberhasilan mencapai 43,2% dengan kriteria Belum Berkembang (BB) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) sebesar 0%, kriteria Mulai berkembang (MB) sebanyak 12 orang anak atau 20% dan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 3 orang anak atau 80%. Pada silus II, rata-rata keberhasilan mencapai 93,3% dengan kriteria Belum Berkembang (BB) danMulai Berkembang (MB) sebesar 0%, kriteria Berkembang Sesuai harapan (BSH) sebanyak 1 orang anak atau 6,7%, kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 14 orang anak atau 93,3%. Anak mampu dan terampil menempel bahan kolase sesuai gambar, anak bisa menggerakkan pergelangan tangan untuk menempel kolase, anak bisa membuat kolase dengan rapi dan berbentuk sempurna, tanpa bimbingan dari guru. Kata kunci : motorik halus, kolase, kelompok B Abstract The implementation of collago learning method is one of activities to increase fine motor skills of students. The study aims at increasing fine motor skills of students of group B at public kindergarden of Pertiwi Bantaeng through collage learning method. The tipe of study was a class room action research. The subject were 15 students aget 5-6 years and 1 teacher. The fine motor skills being studied cofered non-stiff finger muscles, non-stiff wrist mucles, and good ayes and hands coordination. The study was conducted in augustust-september in academic year 2018-2019 on the fourh week in august and the first to the third weeks in September. Data analisis employed qualitative and quantitative analisis. The study consisted of to cycle 1. Obtains 43,2% with the criteria of not developed yet (BB) and well developed (BSB). By 0%; the criteria of started to the develop (MB) of tains 12 students or 20%; the criteria of developed as expected (BSH) of tains 3 students or 80%. In cycle 2 the mean of success of tains 93.3% with the criteria of not developed yet (BB) and started to the develop (MB) by 0%; the criteria of developed as expected (BSH) of tains 1 student or 6.7%; the criteria of well developed (BSB) of tains 14 studens or 93.3%. the children are able and skillfull to stick the collage and the children are able to make collage meatly and perfectly without guidance or help from the teacher. Keywords: fine moto skills, collage, group B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Mar 2019 07:51
Last Modified: 18 Mar 2019 07:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12627

Actions (login required)

View Item View Item