ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN HASIL PEMBELAJARAN TEOREMA PHYTAGORAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA TERNATE

Syarif, Sumiyati (2019) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN HASIL PEMBELAJARAN TEOREMA PHYTAGORAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA TERNATE. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan dan hasil pembelajaran teorema phytagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 6 kota ternate. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis Indikator-indikator yang paling memberikan kepuasan dalam pembelajaran teorema phytagoras. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis hubungan kepuasan dan hasil pembelajaran teorema phytagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 6 kota ternate. Tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Kuesioner, Tes dan Wawancara. Data yang diperoleh dari survei diolah dengan menggunakan program aplikasi statistik dengan analisis deskriptif, infrensial dengan statistik t, dan analisis IPA (Importence Performance Analysis). Hasil analisis deskriptif memperlihatkan bahwa Secara keseluruhan, kepuasan siswa pada tingkat kenyataan lebih rendah dari harapan siswa dalam pembelajaran teorema phytagoras di SMP Negeri 6 Kota Ternate. Rata-rata nilai yang diperoleh adalah 57,36. Berdasarkan analisis dengan diagram kartesius, dapat dilihat bahwa indikator kehandalan, empati dan bukti fisik merupakan indikator-indikator yang perlu dipertahankan tingkat pelaksanaannya, karena telah sesuai dengan harapan siswa sehingga dapat memuaskan siswa. Sedangkan untuk indikator daya tanggap dan kepastian dianggap kurang spenting oleh siswa karena pelaksanaannya biasa atau cukup saja. Hal ini berarti kualitas pelaksanaan pembelajaran dan harapan siswa berada pada tingkat rendah, sehingga memberikan prioritas rendah terhadap inidikator ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kehandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Kepuasan Belajar, Hasil Belajar, Importance Performance Analysis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Mar 2019 03:31
Last Modified: 18 Mar 2019 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12600

Actions (login required)

View Item View Item