PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PLANT VIRTUAL 3D MATA KULIAH PROGRAMABLE LOGIC CONTROL (PLC)

Cahyanto, Andi (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PLANT VIRTUAL 3D MATA KULIAH PROGRAMABLE LOGIC CONTROL (PLC). S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Makassar andicahyantotonasa@gmail.com Abstract: The study was quliative and quantitative research using ADDIE model started from analysis step of student’s needs, design in a form of media assesment instrumens, development step was a form of media product, implementation step was conducted to students and evaluation step to assess the level of media feasibility to be practical. The results of this study indicate that: (1) find out the steps of the development process of learning media using a virtual 3D plant in the Programable Logic Control (PLC) course by collaborating three software where this software stands alone, namely Simatic Step7, WinPLC Engine, Factory i / o. Integrating into one whole program , (2) assessment instrument to material experts with validation recapitulation results for aspects of material content concluded with a percentage of 87.5% in the feasible category, the recapitulation of the learning aspect validation results was concluded with a percentage of 85% in the feasible category, the material relevance aspect was concluded with a percentage of 84.37% in the category feasible, so that it can be appraised to material expert lecturers from three aspects categorized as feasible. While media experts to assess the level of service from the aspect validation recapitulation results with a percentage of 84.375% in the feasible category, while to assess the level of service from the practical aspects validation recapitulation media use was concluded with a percentage of 90.625% in the feasible category so it can be concluded media expert judgment of the two aspects mentioned in the feasible category, (3) to see the practical level of learning media using a 3D virtual plant in the Programable Logic Control (PLC) subject from the media usage procedure aspect, it can be concluded that the percentage results are 72.6% in the practical category, the material aspect can be summarized as 76.5% in the practical category, the media display aspect can be concluded the percentage of 76.6% in the practical category, the practical aspects of the use can be concluded as a percentage of 79.9% in the practical category, so that it can be concluded that the media developed is practically used. Keywords: 3D virtual media plant PLC learning. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) langkah-langkah pengembangan media pembelajaran menggunakan plant virtual 3D pada mata kuliah Programable Logic Control (PLC), (2) bagaimana tingkat kelayakan pengembangan media pembelajaran menggunakan plant virtual 3D pada mata kuliah Programable Logic Control (PLC), (3) bagaimana tingkat praktisan media pembelajaran menggunakan plant virtual 3D pada mata kuliah Programable Logic Control (PLC) Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif menggunakan model ADDIE yang dimulai dari tahap analysis dari kebutuhan mahasiswa , design berupa instrumen penilaian media, depelopment berupa produk media, implementation kepada mahasiswa dan evaluation untuk menilai tingkat kelayakan media dan tingkat kepraktisan digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) mengetahui langkah-langkah proses pengembangan media pembelajaran menggunakan plant virtual 3D pada mata kuliah Programable Logic Control (PLC) dengan mengkolaborasikan tiga software dimana software ini berdiri sendiri yaitu Simatic Step7, WinPLC Engine , Factory i/o. dengan menyatukan menjadi satu program yang utuh, (2) instrumen penilaian kepada ahli materi dengan hasil rekapitulasi validasi untuk aspek isi materi disimpulkan dengan presentase 87,5% dalam kategori layak, rekapitulasi hasil validasi aspek pembelajaran disimpulkan dengan presentase 85% dalam kategori layak, aspek relevansi materi disimpulkan dengan presentase 84,37% dalam kategori layak, sehingga dapat dimpulkan penilaian kepada dosen ahli materi dari tiga aspek dikategorikan layak. Sedangkan ahli media untuk menilai tingkat ke layakan dari hasil rekapitulasi validasi aspek tampilan dengan presentase 84,375% dalam kategori layak, sedangkan untuk menilai tingkat ke layakan dari hasil rekapitulasi validasi aspek praktisan penggunaan media disimpulkan dengan presentase 90,625% dalam kategori layak sehingga dapat disimpulkan penilaian ahli media dari dua aspek termaksud dalam kategori layak, (3) untuk melihat tingkat praktisan media pembelajaran menggunakan plant virtual 3D pada mata kuliah Programable Logic Control (PLC) dari aspek prosedur penggunaan media dapat disimpulkan hasil presentase 72.6% dalam kategori praktis, aspek materi dapat disimpulkan hasil presentase 76.5% dalam kategori praktis, aspek tampilan media dapat disimpulkan hasil presentase 76.6% dalam kategori praktis, aspek praktisan penggunaan dapat disimpulkan hasil presentase 79.9% dalam kategori praktis, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata peresentase dari ke empat aspek dengan hasil perolehan 76,4% termaksud dalam kategori sangat praktis sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat praktis digunakan. Kata kunci: media virtual plant 3D pembelajaran PLC.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Mar 2019 02:59
Last Modified: 18 Mar 2019 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12597

Actions (login required)

View Item View Item