PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOZAIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI

FITRIANI, FITRIANI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOZAIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel kakfit.docx

Download (57kB)

Abstract

FITRIANI, 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Mozaik Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini. Tesis. Program Studi Administrasi Pendidikan Kekhususan Pendidikan Anak Usia Dini Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. H. Achmad Tolla, M.Pd., dan Pembimbing II Bapak Dr. Rusmayadi, S.Pd.,M.Pd. Media pembelajaran mozaik merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran kebutuhan penggunaan media pembelajaran mozaik untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini. (2) untuk mengetahui rancangan pengembangan media pembelajaran mozaik untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini. (3) untuk mengetahui keefektifan pengembangan buku ajar media pembelajaran mozaik untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development atau R & D) dengan desain penelitian 4D. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan angket. Subjek penelitian sebanyak 12 orang anak didik yang berusia 5 – 6 tahun dan 1 orang guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat kebutuhan pengembangan media pembelajaran mozaik untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini khususnya di taman kanak-kanak kelompok B sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak, 2) rancangan pengembangan media pembelajaran mozaik untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini didesain dengan urutan Prosem, RPPM, RPPH, format penilaian, sehingga dihasilkan buku bahan ajar, 3) tingkat keefektifan buku bahan ajar dapat dilihat dari hasil analisis angket respon guru yang menunjukkan bahwa respon guru sangat positif dan analisis perkembangan anak didik mencapai tingkat perkembangan motorik halus anak dengan kategori tinggi. Kata Kunci; Pengembangan Media Pembelajaran Mozaik, Motorik Halus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Mar 2019 01:36
Last Modified: 14 Mar 2019 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12572

Actions (login required)

View Item View Item