RESPONS GURU MATEMATIKA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN KURIKULUM 2013 SESUAI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENILAIAN AUTENTIK DI MTS NEGERI 1 KOTA MAKASSAR

ANDIKA, RIA (2019) RESPONS GURU MATEMATIKA TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN KURIKULUM 2013 SESUAI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENILAIAN AUTENTIK DI MTS NEGERI 1 KOTA MAKASSAR. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_Ria Andika_PpsUNM.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Ria Andika 2019. Respons guru matematika terhadap kurikulum 2013 sesuai dengan pendekatan saintifik dan penilaian autentik. (dibimbing oleh Irwan Akib dan Ilham Minggi). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan respons guru matematika Subjek penelitian sebanyak dua orang guru matematika di MTs Negeri 1 Kota Makassar tahun 2018/2019. Instrumen dari penelitian ini berupa angket kesiapan guru, angket respons guru, observasi pelaksanaan pembelajaran, telaah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pedoman wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan Gambaran kesiapan subjek pertama yaitu: (1)Telah menunjukkan sikap positifnya terhadap pembelajaran pendekatan Scientific, (2) Memiliki keinginan yang besar untuk mengimplementasikan pendekatan Scientific, (3) Dari segi pengetahuan mengenai pendekatan Scientific, subjek pertama dianggap memenuhi indikator Subjek juga mampu mengutarakan tujuan, dan fasefase pendekatan Scientific serta menunjukkan contoh dari tiap fase tersebut. (4)Mampu menyusun perangkat pembelajaran yang mengacu pada kurikulum 2013, walaupun dari komponen materi ajar ada beberapa yang tidak terpenuhi yaitu tidak termuat model pembelajaran dan materi untuk pengayaan dan remedi. (5) Subjek pertama mampu mengimplementasikan pendekatan Scientific dalam proses pembelajaran. (6) Tidak adanya kendala yang dihadapi subjek HAM dalam melaksanakan penilaian meliputi 3 aspek yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan kerena menurut subjek formatnya sudah ada. Adapun gambaran kesiapan dari subjek kedua yaitu : (1) Belum menunjukkan sikap positifnya terhadap pembelajaran pendekatan Scientific Walaupun di satu sisi subjek mengutarakan keingintahuannya terhadap pendekatan Scientific namun hal itu tidak direalisasikan dengan baik. (2) Belum memiliki keinginan yang besar untuk mengimplementasikan pendekatan Scientific. (3) Belum memiliki pemahaman mendalam tentang pendekatan Scientific menurut kurikulum 2013. Walaupun pada dasarnya subjek kedua paham mengenai tujuan pendekatan Scientific ini, namun dari segi pemahaman mengenai fase-fase pendekatan Scientific, pelaksanaan Assesment Autentic, subjek belum mampu memberikan penjelasan tentang itu. (4) Menurut lembar hasil pengamatan rencana pelaksanaan dan pembelajaran (RPP), subjek kedua belum mampu menyusun secara maksimal. (5) Belum mampu mengimplementasikan pendekatan scientific dalam proses belajar mengajar. (6) kendala yang dihadapi subjek kedua SM dalam melaksanakan penilaian meliputi 3 aspek yaitu sikap,pengetahuan dan keterampilan, yaitu subjek SM tidak dapat menilai peserta didik secara keseluruhan karena terkendala masalah waktu. Kata Kunci: Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik, Penilaian Autentik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Mar 2019 01:23
Last Modified: 14 Mar 2019 01:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12570

Actions (login required)

View Item View Item