PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI PESERTA DIDIK KELAS IX.2 SMP NEGERI 12 PAREPARE

SYAMSUDDIN, SITTI MARWANI (2019) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI PESERTA DIDIK KELAS IX.2 SMP NEGERI 12 PAREPARE. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL HASIL PENELITIAN.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

SITTI MARWANI. S. 2016. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Bioteknologi Peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 12 Parepare (Dibimbing oleh Yusminah Hala dan Muhammad Danial) Kecenderungan pembelajaran Sains pada masa kini adalah peserta didik hanya mempelajari sains sebagai produk, menghafal konsep, teori dan hukum. Sehingga pelajaran sains yang idealnya sebagai proses, sikap dan aplikasi tidak tersentuh dalam pembelajaran. Guru hanya cenderung menggunakan model pembelajaran langsung sehingga pembelajaran berpusat pada guru, peserta didik hanya dihadapkan pada sesuatu yang abstrak sehingga tingkat kemampuan berpikir rendah, aktivitas berkurang dan menyebabkan hasil belajarnya juga rendah. Dari hal tersebut maka dirumuskan masalah sebagai berikut : bagaimana keterampilan berpikir kritis, aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IX.2 SMPN 12 Parepare yang dibelajarkan dengan menggunakan model Project Based Learning pada materi bioteknologi serta apakah terdapat pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis, aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 12 Parepare pada materi Bioteknologi. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimen. Desain penelitiannya One Group Pre-test and Post-tes desain dimana model Project Based Learning sebagai variabel bebas sedangkan keterampilan berpikir kritis, aktivitas dan hasil belajar IPA sebagai variabel terikat. Populasi penelitian yaitu rombel kelas IX SMPN 12 Parepare, yang dilakukan secara random dengan melakukan undian. Data hasil penelitian berupa pre-test & post-test dalam bentuk pilihan ganda serta lembar observasi, diolah menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis normalisasi gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 12 Parepare pada materi Bioteknologi. Kata kunci : Project based learning, Keterampilan berpikir kritis, Aktivitas, Hasil belajar, Bioteknologi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:27
Last Modified: 12 Mar 2019 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12551

Actions (login required)

View Item View Item