INVESTIGASI TERHADAP KOMPETENSI DOSEN NON BAHASA INGGRIS DALAM MENGAJARKAN BAHASA INGGRIS: STUDI KASUS DI UIN ALAUDDIN MAKASSAR

NAGAULENG, ANDI MUKARRAMAH (2018) INVESTIGASI TERHADAP KOMPETENSI DOSEN NON BAHASA INGGRIS DALAM MENGAJARKAN BAHASA INGGRIS: STUDI KASUS DI UIN ALAUDDIN MAKASSAR. S2 thesis, Pascasarjana.

Full text not available from this repository.

Abstract

ANDI MUKARRAMAH NAGAUELNG, Investigasi Terhadap Kompetensi Dosen Non Bahasa Inggris dalam Mengajarkan Bahasa Inggris: Studi Kasus di UIN Alauddin Makassar (dibimbing oleh Muh. Asfah Rahman, Haryanto dan Sahril). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menyelidiki strategi dosen non pendidikan bahasa Inggris dalam mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya. (2) untuk mengeksplorasi strategi dosen non pendidikan bahasa Inggris dalam mengembangkan kompetensinya (pedagogis, pribadi, sosial, dan profesional) dalam pengajaran bahasa Inggris di UIN Alauddin Makassar. (3) untuk mengeksplorasi persepsi siswa bahasa Inggris terhadap kompetensi dosen non pendidikan bahasa Inggris dalam pengajaran bahasa Inggris di UIN Alauddin dari Makassar. (4) untuk mengukur signifikan kompetensi dosen non pendidikan bahasa Inggris mencapai tujuan pembelajaran bahasa Inggris di UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran menggunakan Sequential Exploratory Design. Metode ini juga merupakan desain dua fase. Data kualitatif dikumpulkan terlebih dahulu, diikuti oleh pengumpulan dan analisis data kuantitatif.) Menggunakan model Cresweel & Clark. Hal ini dilakukan di UIN Alauddin Makassar di Makassar yang merupakan penelitian purposive sampling dimana penelitian tersebut menentukan secara spesifik informan penelitian yang diajukan pada kriteria tertentu. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian termasuk observasi, wawancara, dan tes membaca, dan dokumentasi proses pengajaran bahasa di dalam atau di luar kelas di Fakultas Tarbiyah. Penelitian kualitatif dalam penelitian ini menggunakan desain studi kasus yang merupakan studi intensif dari individu atau unit sosial secara mendalam di mana peneliti mencoba untuk menemukan semua variabel penting dalam pengembangan subjek. Penelitian kuantitatif dari penelitian ini menerapkan eksperimen yang merupakan satu kelompok pretest-postest desain untuk mendapatkan data pada prestasi belajar siswa setelah melakukan penelitian kualitatif diukur dengan menggunakan program SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menemukan: (1) dosen non pendidikan bahasa Inggris mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka secara sem-autodidak dengan cara mengikuti kursus bahasa Inggris di British Council, dan pada saat dia mengambil gelar Master di Australia; (2) untuk mengembangkan kompetensi dosen non pendidikan bahasa Inggris di (pedagogik, pribadi, sosial, dan profesional) dalam pengajaran bahasa Inggris di UIN Alauddin Makassar, dia selalu berusaha untuk mengajar secara profesional dengan menguasai bahan ajar dan mengelola kelas dengan baik dan memperkaya keprofesionalannya dengan mengikuti work shop dan konferensi secara regional, nasional, dan internasional; (3) para siswa sangat menyukai cara dosen non pendidikan bahasa Inggris mengajar bahasa Inggris, mereka mengatakan bahwa jika dosen sangat ramah dalam mengajar; (4) Ada signifikan antara kompetensi dosen non pendidikan bahasa Inggris dengan tujuan pembelajaran bahasa Inggris di UIN Alauddin Makassar, yang dapat dilihat dalam hasil analisis data dalam pretest dan posttests, di mana nilai siswa meningkat pada saat posttest. Setelah diajarkan oleh dosen non pendidikan bahasa Inggris, rata-rata siswa mendapat nilai yang bagus. Ini dapat dilihat pada saat pretest dan posttest retrieval dimana skor siswa meningkat dalam posttest. skor rata-rata dalam pretest adalah 40,29 dan peningkatan posttest dengan 74,11. Kemudian, para peneliti menyimpulkan bahwa dosen non pendidikan bahasa Inggris bersaing dalam mengajar Bahasa Inggris di Fakultas Tarbiyah di UIN Alauddin Makassar. Kata Kunci: Kompetensi Dosen, Dosen non pendidikan bahasa Inggris, Pengajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS - (S3)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Mar 2019 05:31
Last Modified: 12 Mar 2019 05:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12538

Actions (login required)

View Item View Item