PENANGANAN TIES EVENT DALAM REGRESI COX PROPORTIONAL HAZARD MENGGUNAKAN METODE BRESLOW (Kasus : Pasien Rawat Inap DBD di RSAL Jala Ammari Makassar )

HERAWATI H, HERAWATI H (2019) PENANGANAN TIES EVENT DALAM REGRESI COX PROPORTIONAL HAZARD MENGGUNAKAN METODE BRESLOW (Kasus : Pasien Rawat Inap DBD di RSAL Jala Ammari Makassar ). Diploma thesis, MIPA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Herawati H (2019). Penanganan Ties Event Dalam Regresi Cox Proportional Hazard Menggunakan Metode Breslow ( Kasus: Pasien Rawat Inap DBD di RSAL Jala Ammari Makassar). Prodi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam , Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh M.Nadjib Bustan dan Muhammad Kasim Aidid). Analisis Survival adalah prosedur statistika yang digunakan untuk menganalisis data dimana peubah yang diperhatikan adalah waktu sampai terjadinya suatu event. Waktu dapat dinyatakan dalam hitungan hari, minggu, bulan dan tahun. Salah satu tujuan dari analisis survival adalah untuk mengetahui hubungan antara waktu kejadian peubah bebas yang terukur pada saat dilakukan penelitian. Metode yang sering digunakan dalam analisis survival khususnya data kesehatan adalah Regresi Cox Proportional Hazard (PH) karena distribusinya tidak tergantung pada asumsi waktu kejadian. Dalam suatu data seperti data pasien penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) ditemukan adanya data kejadian bersama (ties event) yang berpengaruh pada pembentukan himpunan risikonya pada bagian estimasi parameter model cox,pada kasus kejadian bersama (ties event) dilakukan modifikasi pada partial likelihood untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi laju kesembuhan pasien penderita penyakit DBD. Adapun hasil analisisnya, diperoleh faktor yang paling berpengaruh terhadap laju kesembuhan penyakit DBD yakni leukosit dengan p-value =0,097< α 0,05, dan nilai hazard ratio sebesar 1,1024 serta faktor yang kedua yaitu hematokrit dengan p-value =0,0141< α 0,05, dan nilai hazard ratio sebesar 1,595. Kata Kunci : Analisis Survival, Regresi Cox PH, Ties Event, Metode Breslow, Demam Berdarah Dengue (DBD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > STATISTIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Mar 2019 01:45
Last Modified: 11 Mar 2019 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12500

Actions (login required)

View Item View Item