PENGEMBANGAAN PERMAINAN WARNA DENGAN MENGGUNAKAN POLA BERGAMBAR PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK KANITA TIARA

RAHMATIAH, RAHMATIAH (2019) PENGEMBANGAAN PERMAINAN WARNA DENGAN MENGGUNAKAN POLA BERGAMBAR PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK KANITA TIARA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

RAHMATIAH, 2019. Pengembangan Permainan Warna Dengan Menggunakan Pola Bergambar Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Islam Kanita Tiara. (Dibimbing oleh Achmad Tolla dan Muhammad Yusri Bachtiar ) Pengembangan permainan warna di Taman kanak-kanak Ilam Kanita Tiara belum Optimal, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Tingkat kebutuhan pengembangan permainan warna menggunakan pola bergambar pada anak usia dini. (2) Untuk mengetahui desain pengembangan yang digunakan dalam permainan warna menggunakan pola bergambar pada anak usia dini. (3) Untuk mengetahui hasil keefektifan pengembangan permainan warna menggunakan pola bergambar di Taman Kanak-Kanak Kanita Tiara. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Proses Pengembangan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini berupa Program Semester. Rencana Pelaksanaan Program Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), Buku Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Pengukuran Kemampuan Anak (LPKA), Lembar Pengamatan Kegiatan Guru (LPKG). Subjek penelitian adalah 1 orang guru dan 15 orang anak di TK Islam Kanita Tiara Kota Makassar. Pengelolaan data dengan Observasi, wawancara, dokumentasi dan instrument penilaian yang terdiri dari lembar validasi, dan angket respon guru. Data dianalisis melalui deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan diperoleh 1. Bahwa kebutuhan guru akan model pengembangan permainan warna menggunakan pola bergambar membantu anak didik mengembangkan kemampuan mengenal warna, dan kemampuan menyusun pola terlihat kemampuan anak meningkat di setiap pertemuan. Terlihat dari hasil uji validasi 2,7 dinyatakan valid. 2. Desain pengembangan permainan warna dengan menggunakan beberapa pendekatan dan cara yang berbeda sehingga kemampuan anak semakin meningkat terlihat dari hasil 6 kali pertemuan menunjukkan kemampuan anak dalam permainan warna berkembang sangat baik terlihat dari ke 15 orang anak 12 anak dengan hasil berkembang sangat baik. 3. .Keefektivan pengembangan pembelajaran permainan warna dengan menggunakan pola bergambar mencapai 80 persen, terlihat dari 6 kegiatan, jumlah anak 15, diantaranya 12 anak dengan mudah memahami dan mengerjakan setiap tugas yang diberikan, ini menunjukkan bahwa pengembangan permainan warna menggunakan pola bergambar efektif dilakukan di Taman Kanak-kanak Islam Kanita Tiara Kata Kunci : Permainan Warna, Pola Bergambar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Jun 2019 06:57
Last Modified: 18 Jun 2019 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12441

Actions (login required)

View Item View Item