PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MTS MIFTAHUL MUIN

Asiah, Nur and Muhiddin, Muhiddin and Rachmawaty, Rachmawaty (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MTS MIFTAHUL MUIN. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
File-15(Jurnal).pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau Quasy Experiment yang bertujuan (i) untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing; (ii) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing; (iii) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik (iv) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) keterampilan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan melalui pembelajaran Inkuiri Terbimbing di MTs Miftahul Muin berada pada kategori tinggi (ii) Hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan melalui pembelajaran Inkuiri Terbimbing di MTs Miftahul Muin berada pada kategori tinggi (iii) Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik MTs Miftahul Muin (iv) Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik MTs Miftahul Muin. Kata Kunci :Model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2019 06:36
Last Modified: 27 Feb 2019 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12411

Actions (login required)

View Item View Item