KONTRIBUSI KEKUATAN TUNGKAI, KECEPATAN REAKSI KAKI DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN LARI 60 METER MURID SD NEGERI SUNGGUMINASA IV KABUPATEN GOWA

WIJAYA, ANDI ANTO (2018) KONTRIBUSI KEKUATAN TUNGKAI, KECEPATAN REAKSI KAKI DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN LARI 60 METER MURID SD NEGERI SUNGGUMINASA IV KABUPATEN GOWA. Diploma thesis, FIK.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian ”korelasional”. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui; (1) Apakah ada kontribusi kekuatan tungkaiterhadap kemampuan lari 60 meter murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa; (2) Apakah ada kontribusi kecepatan reaksi kakiterhadap kemampuan lari 60 meter murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa; (3) Apakah ada kontribusi keseimbangan terhadap kemampuan lari 60 meter murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa; (4) Apakah ada kontribusi kekuatan tungkai, kecepatan reaksi kaki dan keseimbangan secara bersama-sama terhadap kemampuan lari 60 meter murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa. Populasinya adalah 125murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 orang. Teknik penentuan sampel adalah dengan pemilihan secara acak (simple random sampling). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefisien korelasi pearson product moment (r), dan hasil analisis korelasi ganda (R) pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada kontribusi yang signifikan antara kekuatan tungkaiterhadap kemampuan lari 60 meter murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa, dengan nilai r sebesar 0,718(Pvalue ˂ α 0,05) dengan demikian sumbangannya sebesar 71,80%; (2) Ada kontribusi yang signifikan antara kecepatan reaksi kakiterhadap kemampuan lari 60 meter murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa, dengan nilai r sebesar 0,722(Pvalue ˂ α 0,05) dengan demikian sumbangannya sebesar 72,20%; (3) Ada kontribusi yang signifikan antara keseimbanganterhadap kemampuan lari 60 meter murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa, dengan nilai r sebesar 0,714(Pvalue ˂ α 0,05) dengan demikian sumbangannya sebesar 71,40%; (4) Ada kontribusi yang signifikan antara kekuatan tungkai, kecepatan reaksi kaki dan keseimbangansecara bersama-sama terhadap kemampuan lari 60 meter murid SD Negeri Sungguminasa IV Kabupaten Gowa. dengan nilai Rhitung sebesar 0,891 (Pvalue ˂ α 0,05); dan nilai Fhitung (F) sebesar 33,549.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > PGSD D2 Dikjas
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2019 05:41
Last Modified: 26 Feb 2019 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12389

Actions (login required)

View Item View Item