Abdullah, Rezky Arnida (2019) Komparasi Hasil Belajar Matematika pada Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Diploma thesis, FMIPA.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar matematika pada aspek kognitif dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VII (2) perbedaan hasil belajar matematika siswa pada aspek keterampilan dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VII. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII pada semester ganjil 2018/2019 dan dipilih 2 kelas eksperimen secara random sebagai sampel penelitian. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik inferensial adalah sebagai berikut: (1)tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada aspek kognitif dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik dan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VII, (2) hasil belajar matematika siswa pada aspek keterampilan dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa pada aspek keterampilan dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas VII. Kata kunci : Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Pendekatan Saintifik, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > Matematika |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 01:53 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 01:53 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12363 |
Actions (login required)
View Item |