IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SELF REGULATED LEARNING, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 SIDENRENG RAPPANG

Luthfi, Rika Rezki M. and Ismail, Ismail and Wiharto, Muhammad (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SELF REGULATED LEARNING, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 SIDENRENG RAPPANG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
4. JURNAL.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan self regulated learning peserta didik, (ii) untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, dan (iii) untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Sidenreng Rappang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian pre- eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata analisis statistic kemampuan self regulated learning sebelum dibelajarkan dengan model PjBL adalah 95,73 kemudian meningkat menjadi 103,94 setelah dibelajarkan dengan model PjBL. Nilai rata-rata analisis statistik kemampuan berpikir kreatif sebelum dibelajarkan dengan model PjBL adalah 35,26 kemudian meningkat menjadi 48,73 setelah dibelajarkan dengan model PjBL. Rata-rata analisis statistik hasil belajar biologi peserta didik sebelum dibelajarkan dengan model PjBL adalah 28,33 kemudian meningkat menjadi 78,23 setelah dibelajarkan dengan model PjBL. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (i) Implementasi model PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan self regulated learning peserta didik dengan kategori baik, (ii) Implementasi model PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan kategori sedang dan (iii) Implementasi model PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan kategori tinggi. Kata Kunci: PjBL, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan self regulated learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Feb 2019 07:54
Last Modified: 25 Feb 2019 07:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12350

Actions (login required)

View Item View Item