PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR GURU, FASILITAS BELAJAR, DAN MINAT BELAJAR TEHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI DI PALOPO

MUSTAMIN, ISRADIL (2019) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR GURU, FASILITAS BELAJAR, DAN MINAT BELAJAR TEHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI DI PALOPO. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ISRADIL MUSTAMIN. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Guru, Fasilitas Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri di Palopo (dibimbing oleh M. Arif Tiro dan Awi Dassa). Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru,fasilitas belajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Palopo tahun pelajaran 2018/ 2019. Total anggota populasi penelitian sebanyak 819 siswa dengan ukuran sampel sebanyak 175 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik cluster equal random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Angket persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru, (2) Angket fasilitas belajar, (3) Angket minat belajar, (4) Angket motivasi belajar, dan (5) Tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Palopo memiliki Persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan minat belajar berada pada kategori tinggi, fasilitas belajar dan motivasi belajar berada pada kategori sangat tinggi, dan hasil belajar matematika berada pada kategori rendah. (2) persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru, fasilitas belajar, dan motivasi belajar mempunyai pengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar matematika, sedangkan minat belajar tidak mempunyai pengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar matematika. (3) persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru, fasilitas belajar, dan minat belajar tidak mempunyai pengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Fasilitas Belajar, Minat belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Feb 2019 06:48
Last Modified: 25 Feb 2019 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12344

Actions (login required)

View Item View Item