Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Scientific pada Konsep Ekosistem

KASIM, SYAHRIR (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Scientific pada Konsep Ekosistem. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SYAHRIR KASIM.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK SYAHRIR KASIM. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Scientific pada Konsep Ekosistem (Dibimbing oleh Yusminah Hala dan Oslan Jumadi). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan scientific pada konsep ekosistem yang valid, praktis dan efektif bagi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 SMP Negeri 1 Pangsid sebanyak 33 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 20 perempuan. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Thiagarajan atau Model 4-D yang terdiri atas empat tahap yaitu tahap pembatasan (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan scientific yang dikembangkan telah divalidasi oleh pakar dan praktisi serta telah mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan scientific bersifat valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran dikatakan telah memenuhi kriteria kevalidan meliputi RPP, Buku Siswa dan LKS masing-masing berada pada kategori "Sangat Valid", dikatakan praktis karena perangkat pembelajaran ini memiliki derajat keterlaksanaan dengan kategori terlaksana seluruhnya dan nilai reliabilitasnya kategori “reliabel”. Selanjutnya, dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: Pertama, pencapaian ketuntasan belajar secara klasikal dengan persentase ketuntasan 87,88%. Kedua, aktivitas siswa dikategorikan efektif karena siswa aktif melibatkan diri untuk setiap aktivitas sesuai toleransi waktu ideal yang ditetapkan. Ketiga, Pada umumnya siswa memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan.. Keempat, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran untuk setiap aspeknya dalam kategori sangat tinggi. ABSTRACT SYAHRIR KASIM. 2014. The Development of Scientific-based Learning Package on Ecosystem Concept (supervised by Yusminah Hala and Oslan Jumadi). The study was a research and development aimed at developing scientific-based learning package on ecosystem, which was valid, practical, and effective for class VII students at SMPN 1 Pangsid in Sidenreng Rappang district. The subjects were 33 students consisted of 13 male and 20 female students of class VII.3 at SMPN 1 Pangsid. The development procedure used in the study was based on Thiagarajan’s model or 4-D model consisted of four phases, namely defining phase, design phase, development phase, and dissemination phase. The scientific-based learning package developed had been validated by the experts and practitioners and had revision; thus, it obtained feasible result to be used. The results revealed that the scientific-based learning package was valid, practical, and effective. The learning package was confirmed had met the criteria of valid in RPP, student’s book, and student’s workbook that each one was in extremely valid category. The learning package was confirmed as practical because it was in completely conducted category, and it was in reliable category. The learning package was confirmed as effective as well because it had met the criteria of effective with the results: first, the learning mastery achievement in classical obtained 87,88%; second, students’ activities were in effective category because they were active to get involve in each of activity according to the set ideal time; third, in general, students gave positive response on learning package used; fourth, the teacher’s ability in managing the learning in each aspect was in high category.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Nov 2016 01:05
Last Modified: 14 Nov 2016 01:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item