PERILAKU PRODUSEN PADA PENETAPAN HARGA (STUDI EMPIRIK PADA USAHA PERCETAKAN)

Ardianinsi, A. and Dinar, Muhammad and Said, Muhammad Ihsan (2018) PERILAKU PRODUSEN PADA PENETAPAN HARGA (STUDI EMPIRIK PADA USAHA PERCETAKAN). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL ANDI ARDIANINSI PDF 100%.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pola perilaku produsen dalam menetapkan harga pada usaha percetakan dalam jenis produksi sablon dan spanduk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 2 orang yang terdiri dari pemilik usaha Percetakan CV.Anggun Makassar Dan Percetakan Cv.Iqra 99 Makassar. Hasil penelitian ini yaitu: Dalam menjalankan usaha percetakan yang memproduksi barang berdasarkan atas pesanan. Metode pengumpulan biaya yang digunakan adalah metode harga pesanan, karena proses produksinya secara terputus- putus karena akan memproduksi suatu produk sesuai dengan pesanan dengan memperhitungkan semua biaya produksi yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan laba yang dihasilkan. Seperti halnya dalam menetapkan harga sablon baju dengan menghitung biaya bahan yang digunakan untuk perlembar baju dalam hitungan biaya pembelian satu kaos ditambahkan dengan biaya bahan untuk sablon dan biaya tenaga kerja serta laba yang dihasilkan. Begitupun dengan penetapan harga pada produksi spanduk dengan menghitung biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan keuntungan yang didaptkan perusahaan dengan hitungan permeter dari spanduk. Kata Kunci : Ekonomi Mikro, Perilaku Produsen, Penetapan Harga, Produksi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Feb 2019 02:08
Last Modified: 20 Feb 2019 02:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12284

Actions (login required)

View Item View Item