PENGARUH PROGRAM BEASISWA BIDIKMISI TERHADAP MOTIVASI UNTUK MELANJUTKAN STUDI DI PERGURUAN TINGGI SISWA SMAN 4 TANA TORAJA KABUPATEN TANA TORAJA

NINGSIH, RIMA SRIWAHYU (2019) PENGARUH PROGRAM BEASISWA BIDIKMISI TERHADAP MOTIVASI UNTUK MELANJUTKAN STUDI DI PERGURUAN TINGGI SISWA SMAN 4 TANA TORAJA KABUPATEN TANA TORAJA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran Program Beasiswa Bidikmisi di SMAN 4 Tana Toraja Kabupaten Tana Toraja, 2) Gambaran motivasi untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi siswa SMAN 4 Tana Toraja Kabupaten Tana Toraja, 3) Pengaruh Program Beasiswa Bidikmisi terhadap Motivasi unuk Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Siswa SMAN 4 Tana Toraja Kabupaten Tana Toraja. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian terdidri dari Program Beasiswa Bidikmisi (Variabel X) dan Motivasi untuk Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi (Variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMAN 4 Tana Toraja yang berjumlah 188 siswa dan sampel sebanyak 65 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh, dioleh dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) Gambaran Program Beasiswa Bidikmisi di SMAN 4 Tana Toraja Kabupaten Tana Toraja berada dalam kategori “tinggi”, yang meliputi: meningkatkan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi, memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon/mahasiswa, meningkatkan prestasi, menimbulkan dampak iring atau ikutan dan melahirkan lulusan yang mandiri. 2) Gambaran motivasi untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi siswa SMAN 4 Tana Toraja Kabupaten Tana Toraja berada pada kategori “sangat tinggi” ditinjau dari aspek motivasi intinsik dan motivasi ekstrinsik, serta 3) Ada pengaruh yang tergolong dalam kategori “sedang” antara Program Beasiswa Bidikmisi terhadap Motivasi untuk Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi Siswa SMAN 4 Tana Toraja Kabupaten Tana Toraja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Feb 2019 06:34
Last Modified: 15 Feb 2019 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12230

Actions (login required)

View Item View Item