PENGARUH EFIKASI DIRI DAN REGULASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA XI MIA SMAN DI KOTA PALOPO

Aqzayunarsih, Aqzayunarsih and Hala, Yusminah and Hartati, Hartati (2019) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN REGULASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA XI MIA SMAN DI KOTA PALOPO. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PDF.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui: (1) efikasi diri siswa (2) regulasi diri siswa (3) motivasi belajar siswa (4) hasil belajar biologi siswa (5) pengaruh langsung efikasi diri terhadap motivasi belajar, (6) pengaruh langsung regulasi diri terhadap motivasi belajar, (7) pengaruh langsung efikasi diri terhadap hasil belajar biologi (8) pengaruh langsung regulasi diri terhadap hasil belajar biologi, (9) pengaruh langsung motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi (10) pengaruh tidak langsung efikasi diri terhadap hasil belajar biologi melalui motivasi belajar. (11) pengaruh tidak langsung regulasi diri terhadap hasil belajar biologi melalui motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN di Kota Palopo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN di Kota Palopo yang berjumlah 908 siswa. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling sehingga diperoleh 185 sampel. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut. (1) Efikasi diri siswa tergolong tinggi (2) Regulasi diri siswa tergolong tinggi (3) Motivasi belajar siswa tergolong tinggi (4) Hasil belajar Biologi siswa tergolong cukup yaitu 75,46 (5) Efikasi diri berpengaruh positif secara langsung terhadap motivasi belajar. (6) Regulasi diri berpengaruh positif secara langsung terhadap motivasi belajar. (7) Efikasi diri berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar biologi. (8) Regulasi diri berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar biologi. (9) Motivasi belajar berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar biologi. (10) Efikasi diri tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar biologi melalui motivasi belajar. (11) Regulasi diri berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajar biologi melalui motivasi belajar. Kata kunci:efikasi diri, regulasi diri, motivasi belajar, hasil belajar biologi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:12
Last Modified: 15 Feb 2019 03:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12226

Actions (login required)

View Item View Item