PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DI SMA NEGERI 1 MAKASSAR

Syahriningsih, Syahriningsih (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DI SMA NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran E-Learning berbasis Moodle sebagai media pembelajaran yang memiliki spesifikasi dan bersifat valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development/ R&D), yang mengadaptasi model model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pengumpulan data menggunakan angket validasi untuk melihat kevalidan media pembelajaran E-Learning berbasis Moodle dan materi sistem gerak pada manusia, angket respon guru dan respon siswa untuk melihat kepraktisan media pembelajaran E-Learning berbasis Moodle, dan angket motivasi dan kemandirian belajar siswa untuk melihat keefektifan media pembelajaran E-Learning berbasis Moodle. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spesifikasi media pembelajaran E-Learning berbasis Moodle yang dikembangkan yaitu menyajikan materi dalam bentuk ruang kelas digital yang terdiri atas 4 menu utama, yaitu: 1) home; 2) dashboard; 3) events; dan 4) my courses. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata total kevalidan media pembelajaran E-Learning berbasis Moodle secara keseluruhan berada pada kategori valid (4,26) dan rata-rata total kevalidan materi sistem gerak pada manusia berada pada kategori valid (4,24). Hasil respon memenuhi kriteria kepraktisan karena respon guru masuk kategori sangat positif dan respon siswa masuk dalam kategori positif (72,22%). Media pembelajaran E-Learning berbasis Moodle telah memenuhi kriteria keefektifan yaitu hasil analisis motivasi berada dalam kategori tinggi dan kemandirian belajar siswa berada dalam kategori baik, dimana motivasi siswa sebesar (72,22%) dan kemandirian belasjar siswa sebesar (55,55%). Kata Kunci: media pembelajaran, E-Learning, berbasis Moodle.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:54
Last Modified: 14 Feb 2019 07:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12220

Actions (login required)

View Item View Item