Keefektifan Model Think Pair and Share dalam Pembelajaran Menceritakan Tokoh Idola Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang

Wahyuniar, Wahyuniar (2014) Keefektifan Model Think Pair and Share dalam Pembelajaran Menceritakan Tokoh Idola Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Andi Musliana..docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Wahyuniar. 2014. “Keefektifan Model Think Pair and Share dalam Pembelajaran Menceritakan Tokoh Idola Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang.” Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Salam, dan H. M. Taufik). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil pembelajaran siswa dalam menceritakan tokoh idola dengan menggunakan model think pair and share; (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran siswa dalam menceritakan tokoh idola dengan menggunakan model inkuiri; (3) mendeskripsikan keefektifan penggunaan model think pair and share dengan model inkuiri sebagai pembanding dalam pembelajaran menceritakan tokoh idola siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mattiro Bulu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Post-test Only Two Control Design dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mattiro Bulu yang berjumlah 102 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 49 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Dalam penelitian ini ada dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VII1 (eksperimen) dan kelas VII2 (kontrol). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data, yaitu tes berupa tes tertulis dan tes praktik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial jenis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang dalam menceritakan tokoh idola dengan menggunakan model think pair and share pada kelas eksperimen dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 73,79; (2) hasil pembelajaran siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang dalam menceritakan tokoh idola dengan menggunakan model inkuiri pada kelas kontrol dikategorikan rendah dengan nilai rata-rata 68,68; (3) model think pair and share efektif diterapkan dalam pembelajaran menceritakan tokoh idola dengan model inkuiri sebagai pembanding pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Uji hipotesis melalui analisis statistic inferensial parametik jenis independent sample T test melalui bantuan program komputer SPSS versi 16 windows diperoleh nilai thitung > ttabel atau 4,859 > 2,01174 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu bagi guru bahasa Indonesia, agar mempertimbangkan model pembelajaran think pair and share untuk diterapkan dalam pembelajaran secara khusus pada materi menceritakan tokoh idola. Kepada peniliti selanjutnya yang ingin menggunakan model pembelajaran think pair and share untuk lebih mengontrol siswa setelah berpasangan dengan temannya sehingga diskusi pada tiap-tiap pasangan dapat berlangsung dengan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:53
Last Modified: 25 Apr 2016 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item