Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Bulukumba.

Musa’idah, Musa’idah (2014) Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Musa, ida.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Musa’idah. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Bulukumba. (Dibimbing oleh Nurhayati B serta Muhammad Junda). Pendidikan sebagai suatu sistem, guru merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang dilakukan guru pada pembelajaran biologi belum mengarah kepada hasil belajar kogintif siswa. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimanakah kreativitas siswa pada penggunaan metode pembelajaran mind map di kelas VII SMP Negeri 9 Bulukumba? (ii) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada penggunaan metode pembelajaran mind map di kelas VII SMP Negeri 9 Bulukumba? Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran mind map terhadap kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bulukumba; (ii) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelaajaran mind map terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bulukumba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kreativitas siswa baik kelas pada kelas yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran mind map maupun kelas yang diajar dengan metode konvensional untuk indikator tinggi, selanjutnya berdasarkan hasil analisis statistic inferensial (independent sampel T-test) dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar biologi siswa antara yang diajar dengan metode pembelajaran mind map dengan metode konvensional lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2016 06:08
Last Modified: 02 Nov 2016 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1219

Actions (login required)

View Item View Item