PENGEMBANGAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI

Rahman, Dewi Fitriani Abd. (2018) PENGEMBANGAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA DINI. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan metode bermain peran merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran kebutuhan metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini, (2) Untuk mengetahui gambaran desain metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini, (3) Untuk mengetahui gambaran pengembangan metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini, (4) Untuk mengetahui implementasi metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini, (5) Untuk mengetahui tingkat efektifitas metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (ADDIE). Subjek penelitian sebanyak 13 orang anak yang berusia 5-6 tahun dan 1 orang guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kebutuhan pengembangan metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan imajinasi awal dan daya khayal anak dalam berbicara, (2) Desain metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini terbagi dari pengembangan metode, pengembangan perangkat pembelajaran, format penilaian, dan buku panduan, (3) Pengembangan metode dari hasil uji validitas menunjukkan kateori valid untuk semua aspek dan uji kepraktisan dari lembar kagiatan guru berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi (4) Implementasi metode bermain peran dilaksanakan satu kali sepekan selama enam pekan berturut- turut (5) Tingkat keefektifan pengembangan metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak usia dini menunjukkan presentase akumulatif 72% dengan kategori tinggi. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Bermain Peran, Verbal Linguistik, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Feb 2019 06:41
Last Modified: 12 Feb 2019 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12186

Actions (login required)

View Item View Item