PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 ENREKANG

MISTA, MISTA (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 ENREKANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan minat terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 2 Enrekang. Penelitian dilakukan selama 4 bulan di SMA Negeri 2 Enrekang, menggunakan metode survey dengan pendekatan kausal. Hasil survey dianalisis dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui pengaruh atau kausal kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari Tahun 2017 sampai Tahun 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SMA Negeri 2 Enrekang 1) Kecerdasan Emosional berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 17,06%, 2) Kecerdasan Emosional berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap minat belajar sebesar 12,6%, 3) minat belajar berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 3,39%, 4) terdapat pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional terhadap hasil belajar melalui minat belajar sebesar 2,70%. Kata Kunci: kecerdasan emosional, minat, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Feb 2019 01:56
Last Modified: 11 Feb 2019 01:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12163

Actions (login required)

View Item View Item