Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif antara Tipe TGT (Teams Games Tournament) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa

Syarifatunnisa, Syarifatunnisa (2018) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif antara Tipe TGT (Teams Games Tournament) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari kecerdasan interpersonal siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MAN 1 Makassar. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas perlakuan pertama yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT dan X MIA 2 sebagai kelas perlakuan kedua yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran NHT yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif, kecerdasan interpersonal siswa, dan hasil belajar matematika. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket kecerdasan interpersonal siswa, dan post test hasil belajar matematika siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensial melalui uji ANOVA dua arah. Berdasarkan hasil analisis uji ANOVA diperoleh bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari kecerdasan interpersonal siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif TGT, NHT, Kecerdasan Interpersonal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Feb 2019 01:46
Last Modified: 11 Feb 2019 01:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12161

Actions (login required)

View Item View Item