PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMA/SMK DI KECAMATAN PULAU-PULAU TERSELATAN PROVINSI MALUK

Laimeheriwa, Vemy (2019) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMA/SMK DI KECAMATAN PULAU-PULAU TERSELATAN PROVINSI MALUK. S1 thesis, PPS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran Kepuasan Kerja Guru, Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah di Kecamatan Pp. Terselatan; (2) untuk mengetahui pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kepemimpinan Kepala SMA/SMK di Kecamatan Pp. Terselatan; (3) untuk mengetahui pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA/SMK di Kecamatan Pp. Terselatan (4) untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA/SMK di Kecamatan Pp. Terselatan; dan (5) untuk mengetahui pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru melalui Kepemimpinan Kepala SMA/SMK di Kecamatan Pulau-pulau Terselatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Expost facto. Jumlah populasi pada penelitian ini sebesar 109 Guru dengan jumlah ukuran sampel sebesar 90 Guru dilakukan secara proporsional random sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, variabel intervening adalah Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan variabel terikat adalah Kepuasan Kerja Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dengan varians sebesar 418,14 berada pada kategori cukup baik, Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan varians sebesar 331,96 berada pada kategori cukup baik, dan Kepuasan Kerja Guru dengan varians sebesar 165,97 berada pada kategori baik; (2) terdapat pengaruh langsung Supervisi Akademik Pengawas Sekolah yang signifikan terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah sebesar 12,53% dengan koefisien jalur sebesar ⍴ = 0,354 > α = 0,05; (3) tidak terdapat pengaruh langsung Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru dengan koefisien jalur sebesar ⍴ = -0,158 < α = 0,05; (4) terdapat pengaruh langsung Kepemimpinan Kepala Sekolah yang signifikan terhadap Kepuasan Kerja Guru sebesar 32,83 % dengan koefisien jalur sebesar ⍴ = 0,573 > α = 0,05; dan (5) terdapat pengaruh tidak langsung Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru melalui Kepemimpinan Kepala Sekolah sebesar 20,28%. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran Kepuasan Kerja Guru, Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah di Kecamatan Pp. Terselatan; (2) untuk mengetahui pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kepemimpinan Kepala SMA/SMK di Kecamatan Pp. Terselatan; (3) untuk mengetahui pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA/SMK di Kecamatan Pp. Terselatan (4) untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA/SMK di Kecamatan Pp. Terselatan; dan (5) untuk mengetahui pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru melalui Kepemimpinan Kepala SMA/SMK di Kecamatan Pulau-pulau Terselatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Expost facto. Jumlah populasi pada penelitian ini sebesar 109 Guru dengan jumlah ukuran sampel sebesar 90 Guru dilakukan secara proporsional random sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah Supervisi Akademik Pengawas Sekolah, variabel intervening adalah Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan variabel terikat adalah Kepuasan Kerja Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dengan varians sebesar 418,14 berada pada kategori cukup baik, Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan varians sebesar 331,96 berada pada kategori cukup baik, dan Kepuasan Kerja Guru dengan varians sebesar 165,97 berada pada kategori baik; (2) terdapat pengaruh langsung Supervisi Akademik Pengawas Sekolah yang signifikan terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah sebesar 12,53% dengan koefisien jalur sebesar ⍴ = 0,354 > α = 0,05; (3) tidak terdapat pengaruh langsung Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru dengan koefisien jalur sebesar ⍴ = -0,158 < α = 0,05; (4) terdapat pengaruh langsung Kepemimpinan Kepala Sekolah yang signifikan terhadap Kepuasan Kerja Guru sebesar 32,83 % dengan koefisien jalur sebesar ⍴ = 0,573 > α = 0,05; dan (5) terdapat pengaruh tidak langsung Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru melalui Kepemimpinan Kepala Sekolah sebesar 20,28%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:31
Last Modified: 11 Feb 2019 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12154

Actions (login required)

View Item View Item