ANALISIS KUALITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN PADA DINAS TATA RUANG DAN BANGUNAN KOTA MAKASSAR

MEKKAH, SUPARMAN (2018) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN PADA DINAS TATA RUANG DAN BANGUNAN KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Izin Mendirikan Bangunan, faktor determinan kualitas pelayanan IMB, dan model pelayanan Izin Mendirikan Mangunan pada Dinas Tata Ruang dan Bangunan kota Makassar. Penelitian menggunakan desain penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah pegawai Dinas Tata Ruang dan Bangunan Makassar serta masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, serta menggunakan alat bantu berupa pedoman wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi meliputi triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data serta mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Pada Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Makassar yang termasuk dalam kategori baik yakni akurasi, tanggungjawab, kedisiplinan dan kesopanan serta keramahan, keamanan dan kenyamanan. Sedangkan yang termasuk dalam kategori rendah yakni kesederhanaan, kejelasan, kepastian dan tepat waktu, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses; 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan kualitas IMB : kesadaran pejabat dan pegawai cukup baik,,aturan yang menjadi landasan kerja ada dan cukup, komunikasi dan kordinasi pegawai dalam struktur organisasi cukup baik, penghasilan pegawai cukup baik sesuai standar pemerintah, pendidikan dan pengalaman pegawai cukup baik namun penguasaan dibidang teknologi telekomunikasi dan informatika pegawai dan masyarakat masih terbatas, sarana dan prasarana kerja cukup memadai namun sarana teknologi telekomunikasi dan informatika kurang memadai; 3) Pola pelayanan IMB adalah pola pelayanan terpadu satu atap. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Faktor Pendukung dan Penghambat Pelayanan, Pola Pelayanan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU ADMINISTRASI PUBLIK - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Feb 2019 02:50
Last Modified: 08 Feb 2019 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12140

Actions (login required)

View Item View Item