Strategi Orangtua dalam Meningkatkan Pendidikan Anak (Studi Deskriptif Keluarga Merantau di Desa Tanabatue Kabupaten Bone).

Wulandary, Argi (2016) Strategi Orangtua dalam Meningkatkan Pendidikan Anak (Studi Deskriptif Keluarga Merantau di Desa Tanabatue Kabupaten Bone). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kehidupaan orangtua merantau dalam mendidik anak hingga keperguruan tinggi. 2) strategi orangtua merantau dalam mendidik anak hingga keperguruan tinggi, 3) faktor pendukung dan penghambat keluarga terpisah dalam mendidik anak di Desa Tanabatue Kabupaten Bone.Jenis penelitan ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengunakan pendekatan deskriptif. Adapun enam pemilihan informan pada penelitian ini mengunakan tekhnik purposiv sampling dengan kriteria orangtua yang berhasil menyekolahkan anaknya hingga keperguruan tinggi dan anak yang orangtuanya merntau di Desa Tanabatue Kabupaten Bone. Teknik pengumpulan data yang di lakukan yaitu Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, Pengecekan keabsahan data dengan melakukan Member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kehidupan orangtua merantau: dari segi ekonomi orangtua merantau sebelumnya kurang mampu namun pada saat salah satu orangtua melakukan aktifitas merantau kehidupan ekonomi orangtua merantau bisa dikatakan mampu .(2) Adapun strategi yang di gunakan oleh orangtua merantau. a) Mengintensifkan Komunikasi. b) berusaha berkumpul secara fisik pada waktu tertentu.c) menitipkan pada keluarga terdekat atau tetangga. ,a) faktor pendukung orangtua merantau: kerabat dan sanak saudara, tercukupinya kebutuhan anak,sarana dan prasarana lancar. b)Faktor penghambat orangtua merantau: anak cenderung pendiam,dan kesibukan orangtua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Feb 2019 05:53
Last Modified: 06 Feb 2019 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12095

Actions (login required)

View Item View Item