PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN METODE TANYA JAWAB SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 5 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Usman, Muthmainnah (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DENGAN METODE TANYA JAWAB SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 5 PALLANGGA KABUPATEN GOWA. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL MUTHMAINNAH USMAN_1451040028.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar Muthmainnah_usman@yahoo.com Muthmainnah Usman. 2019. “Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita Menggunakan Media Audiovisual dengan Metode Tanya Jawab Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa”. Skripsi. Dibimbing oleh Sulastriningsih Dumingin dan Abdul Azis. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) bagaiman peningkatan proses pembelajaran menyimak berita menggunakan media audiovisual dengan metode tanya jawab, (2) bagaimanakah peningkatan hasil pembelajaran kemampuan menyimak berita menggunakan media tanya jawab. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini dianalisi melalui proses pembelajaran dan data hasil pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa sebanyak 37 orang yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes. Teknik analisi dalam penelitian ini menggunakan analisi kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan melalui obsevasi, angket, dokumentasi, dan tes menyimak berita menggunakan mdia audiovisual dengan metode tanya jawab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kemampuan menyimak berita menggunakan media audiovisual mengalami peningkatan baik dalam proses pembelajaran maupun hasil pembelajaran. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan rata-rata hasil tes siklus I diketahui 61,74 dan hasil tes siklus II nilai rata-rata yang didapat yaitu 89,18. Ditinjau dari pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa pada dari siklus I mengalami peningkatan sebanyak 27,44% pada siklus II. Dengan demikian, ketuntasan belajar siswa menyimak berita menggunakan media audiovisual dengan metode tanya jawab telah mencapai kriteria ketuntasan (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75. Kata Kunci: kemampuan, menyimak berita, media audiovisual, metode tanya jawab

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Feb 2019 01:41
Last Modified: 04 Feb 2019 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12044

Actions (login required)

View Item View Item