Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

Saputri, Sri Anggeliqa (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Sri Anggeliqa Saputri (Artikel).pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

(Penelitian Eksperimen Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan STAD) 1,2,3) 1 , Asdar 2 , Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, 90224 a) e-mail: srianggeliqasaputri@gmail.com 3,a) Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbandingan hasil belajar matematika siswa bermotivasi tinggi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD, (2)Perbandingan hasil belajar matematika siswa bermotivasi rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD, (3) Ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di salah satu sekolah negeri di Polewali dan dipilih 2 kelas secara cluster random sampling sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain faktorial2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar matematika siswa bermotivasi tinggi yangdiajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) Hasil belajar matematika siswabermotivasi rendah yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih tinggidaripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw,(3) Tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajarmatematika siswa. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Model Pembelajaran Kooperatif tipeSTAD, Motivasi, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Jan 2019 04:04
Last Modified: 31 Jan 2019 04:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/12014

Actions (login required)

View Item View Item