PERAN PEREMPUAN TERHADAP ALAM DAN LINGKUNGAN DALAM NOVEL AROMA KARSA KARYA DEE LESTARI (KAJIAN EKOFEMINISME FRANCOIDE D’EAUBONNE)

Muftia JB, Muftia JB (2019) PERAN PEREMPUAN TERHADAP ALAM DAN LINGKUNGAN DALAM NOVEL AROMA KARSA KARYA DEE LESTARI (KAJIAN EKOFEMINISME FRANCOIDE D’EAUBONNE). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 1.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

, 2019 . “Peran Perempuan Terhadap Alam dan Lingkungan dalam Novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari (Kajian Ekofeminisme Francoide d’Eaubonne)”. Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I Dr. Juanda, M.Hum. Pembimbing II Faisal, S.S., M.Hum Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan posisi perempuan yang terdapat pada novel Aroma Karsa karya Dee Lestari, menggunakan kajian Ekofeminisme Francoide d’Eaubonne. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui metode studi pustaka. Data dalam penelitian ini adalah teks-teks, berupa kutipan atau ungkapan yang terdapat dalam novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari yang terbit pada tahun 2018 oleh badan penerbit Bentang Pustaka dengan jumlah halaman 702. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik baca dan teknik catat. Hasil dari penelitian kajian ekofeminisme ini menunjukkan peran serta posisi dari beberapa tokoh perempuan novel Aroma Karsa karya Dee Lestari dalam upaya penemuan tanaman Puspa Karsa sebagai bentuk penyelamatan dan kepedulian terhadap alam. Janirah, Raras Prayagung dan Tanaya Suma merupakan tokoh perempuan yang menjadi pencetus serta penggeraknya ekspedisi tanaman Puspa Karsa demi menyelamatkan tanaman tersebut agar tidak jatuh ke tangan yang salah yang akan mengakibatkan kerusakan alam. Kata kunci: Ekokritik, Ekofenisme, dan Feminisme.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Jan 2019 02:30
Last Modified: 31 Jan 2019 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11999

Actions (login required)

View Item View Item