PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PKn TERHADAP RELASI SOSIAL SISWA DI KELAS V SDN 12 PAREPARE

Ayu, Rinnati Nurcahyaning and l Haling, Abdu and Anas, Muhammad (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PKn TERHADAP RELASI SOSIAL SISWA DI KELAS V SDN 12 PAREPARE. S1 thesis, UNIVERSITYA NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL RINNANTI N AYU.doc

Download (13MB)

Abstract

, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar Gunungsari Baru, Jl. Bonto Langkasa, Makassar-90222 Abstrak: Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran dalam Pembelajaran PKn terhadap Relasi Sosial Siswa di Kelas V SDN 12 Parepare. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pemlajaran bermain peran serta mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran bermain peran dalam pembelajaran PKn terhadap relasi sosial siswa di kelas V SD Negeri 12 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan metode nonequivalent control group design. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan data dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif dan infrensial yang meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran bermain peran dalam pembelajaran PKn terlaksana dengan baik. Relasi sosial siswasebelum belajar melalui penerapan metode pembelajaran bermain peran berada pada kategori sedang dan relasi sosial siswa setelah belajar nelalui penerapan metode pembelajaran bermain peran berada pada kategori tinggi. Terdapat perbedaan relasi sosial antara siswa yang belajar melalui penerapan metode pembelajaran bermain peran dengan siswa yang belajar tanpa penerapan metode pembelajaran bermain peran di SD negeri 12 Parepare, Oleh karena itu nilai rata-rata belajar siswa yang belajara melalui penerapan metode bermain peran lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak belajar melalui penerapan metode pembelajaran bermain peran, hal ini menunjukkan ada pengaruh penerapan metode pembelajaran bermain peran terhadap relasi sosial siswa. Kata kunci: Metode pembelajaran bermain peran, relasi sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Jan 2019 05:30
Last Modified: 30 Jan 2019 05:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11974

Actions (login required)

View Item View Item